Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Platform Pembuatan Website


Meskipun memiliki sebuah website adalah hal yang cukup penting bagi pelaku bisnis online, akan tetapi tak sedikit yang masih mengabaikannya. Tentu ada alasan tersendiri mengapa hal ini bisa terjadi.

Dari kurang pahamnya fungsi website untuk bisnis mereka, takut mengeluarkan biaya lebih untuk membuat website hingga anggapan bahwa membuat website itu sulit menjadi beberapa penyebab utama hal tersebut terjadi.

Padahal sebenarnya memiliki website sendiri bisa membawa banyak manfaat bagi pelaku bisnis. Tentu saja dengan catatan website tersebut dibuat dan dikelola dengan baik.

Dari mulai meluaskan jangkauan pemasaran hingga ke luar daerah bahkan luar negeri, membangun branding hingga mempermudah transaksi bisa dilakukan dengan sebuah website sendiri.

Dengan punya website kita bisa mengendalikan bisnis online kita dengan lebih leluasa. Hal ini tentu berbeda jika kita hanya numpang jualan di katakanlah marketplace atau media sosial macam ig, fb dan tik-tok. 

Di sana mungkin saja tos nya cukup ketat dan bisa saja sewaktu waktu postingan atau penawaran kita yang dipublish di sana dihapus dengan berbagai dalih. Hal ini sepertinya tidak akan terjadi jika kita punya website sendiri. Kita bebas memposting apapun selama hal tersebut legal dan sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku di negeri ini.

Selanjutnya anggapan bahwa membuat website itu rumit dan mahal juga tidaklah sepenuhnya tepat. Karena dengan kemajuan teknologi kita bahkan bisa membuat website hanya dengan beberapa klik saja.

Dengan kata lain untuk bisa membuat sebuah website kita tidak harus paham berbagai macam bahasa pemrograman layaknya seorang programmer profesional. Orang awam seperti kita pun dengan kemajuan teknologi bisa membuat website dengan cepat dan hasilnya tetap bagus.

Anggapan membuat website butuh biaya besar juga tidak selamanya benar. Karena sekarang ini sudah ada berbagai platform website builder yang memungkinkan kita membuat website dengan biaya murah bahkan bisa gratis.

Dan untuk membuat website tersebut juga tidak harus menggunakan PC berspek dewa. Dengan laptop atau PC spek kentang pun bisa saja menghasilkan website yang bagus. Bahkan yang lebih ekstrim lagi saat ini kita bisa membuat website dengan menggunakan hp saja.

Cara buat website gratis lewat hp ini bisa dengan mudah diterapkan menggunakan berbagai jenis platform web builder yang saat ini tersedia. Adanya banyak web builder yang bisa dipakai ini di satu sisi memang sangat memudahkan, namun di sisi lain menjadikan kita perlu pintar pintar dalam memilih mana yang tepat dan cocok dengan bisnis atau usaha kita.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan maka kita perlu memilih platform yang tepat dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Fitur yang Dimiliki

Salah satu hal utama yang perlu dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih platform pembuatan website tentu saja adalah soal apa saja fitur yang dimiliki platform tersebut. Pastikan fitur yang kita butuhkan ada dan bisa diaplikasikan dengan mudah di platform web tersebut.

Beberapa fitur utama penting yang biasa dibutuhkan misalnya saja adalah fitur untuk optimasi SEO dari website tersebut, fitur notifikasi, fitur reporting atau pelaporan statistik dari kunjungan web hingga fitur pembayaran atau payment gateway jika yang akan kita buat adalah website jenis online shop.

Harga

Penting juga membandingkan harga pembuatan website di satu platform dengan platform yang lain. Hal ini bertujuan untuk menemukan mana platform yang cocok dengan kita baik dari segi fitur maupun harga.

Dan sebenarnya karena saat ini sudah ada cukup banyak platform yang memberikan layanan untuk membuat website secara gratis maka tak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu. Meski umumnya yang gratis ini fiturnya agak terbatas namun untuk yang baru memulai dan memang dirasa cukup menggunakan yang gratis tentu tidak menjadikan soal. Apalagi kelak saat bisnisnya sudah berkembang bisa memutuskan untuk melakukan upgrade ke paket atau layanan yang lebih tinggi dari segi fitur maupun harga.

Kemudahan Dalam Pembuatan

Walaupun umumnya hampir semua platform pembuatan website yang ada saat ini mengklaim bahwa membuat website melalui platform mereka sangat mudah, namun tak ada salahnya jika kita tidak langsung percaya begitu saja.

Ada baiknya kita mencoba dulu benarkah platform tersebut memang mudah untuk membuat website dan mengelolanya. Jika memang benar maka kita bisa melanjutkan membuat website secara serius dengan platform tersebut.

Desain atau Template yang Tersedia



Umumnya setiap platform website builder sudah memiliki template yang siap dipakai oleh penggunanya sehingga mereka tidak perlu susah susah mendesain dari awal. Jika kita termasuk konsumen yang seperti ini maka memilih platform yang memiliki banyak template menarik adalah pilihan yang tepat.

Namun di sisi lain jika kita termasuk orang yang suka mengotak atik website dan senang mendesain sendiri maka memilih platform yang memberikan keleluasaan untuk melakukan coding sendiri atau desain sendiri menjadi lebih masuk akal.

Yang perlu diperhatikan baik itu kita menggunakan template yang tersedia ataupun mendesain sendiri adalah hasil dari website yang kita buat ini bisa enak dilihat dengan berbagai perangkat entah itu PC, laptop, tablet atau smartphone dengan berbagai ukuran layarnya. Dalam hal ini mendesain website responsive menjadi suatu keharusan.

Kualitas Platform Pembuat Website

Berbicara mengenai kualitas layanan dari platform pembuatan website entah itu website jenis e commerce ataupun jenis lainnya berarti membicarakan banyak hal. Mulai dari kualitas server yang mereka pakai, seberapa cepatkah server merea, bisa menampung berapa visitor online dalam satu waktu dan lain sebagainya.

Termasuk juga kualitas keamanan yang mereka tawarkan. Mengingat website untuk bisnis ini biasanya berisi data data penting maka keamanan menjadi hal yang sangat vital untuk diperhatikan. Jangan sampai memilih platform website yang rentang segi keamanannya sehingga mudah diserang hacker dan data kita dicuri.

Layanan Customer Service

Akan sangat percuma jika kita menggunakan sebuah layanan atau platform pembuatan website yang bagus, harganya murah serta desainnya menarik jika ternyata kualitas customer service dari layanan tersebut mengecewakan. Saat ada problem responya lambat.

Karena itu penting untuk memilih platform yang customer servicenya responsif dan paham bagaimana menangani masalah yang dihadapi di platform pembuatan website tersebut. Untuk mendapatkan hal ini kita bisa melihat review dari orang orang yang sudah pernah menggunakan layanan mereka. Review atau ulasan ini bisa kita lihat secara online. Dari review yang ada kita juga bisa tahu bagaimana kualitas sebenarnya dari sebuah layanan web builder.

Nah itulah tadi beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan ketika memutuskan akan membuat sebuah website menggunakan platform web builder. Dan untuk anda yang saat ini akan membuat website menggunakan HP secara gratis maka menggunakan plugo adalah pilihan yang tepat.

Di plugo kita bisa membuat website yang bagus dengan mudah dan tidak butuh waktu lama website bisa langsung mengudara. Saat menggunakan plugo kita juga bisa memakai domain milik kita sendiri sehingga bisa sekaligus membangun personal branding kita atau bisnis yang kita miliki saat ini.