Pengertian & Contoh Paragraf Deduktif

Pengertian & Contoh Paragraf Deduktif

Paragraf adalah bagian dari sebuah karangan yang mengandung satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas.Berdasarkan letak kalimat utama dan penjelasnya paragraf dibagi menjadi tiga yakni paragraf deduktif , paragraf induktif dan paragraf campuran.


Pengertian paragraf deduktif

Paragraf deduktif adalah sebuah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf, kemudian diikuti kalimat kalimat penjelas.


Contoh paragraf deduktif :

Contoh 1
      Pemuda warga desa Tenteram memutuskan melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib. Sebelumnya, banyak anak sekolah yang dibiarkan di luar rumah, dan hanya duduk duduk di pinggir jalan pada saat jam jam belajar. Para pemuda mulai mendatangi orang tua dan memberi pengertian pentingnya belajar bagi anak anak mereka. Apabila warga menemukan anak-anak mereka sedang kumpul - kumpul di pinggir jalan pada saat jam belajar, mereka akan diperingatkan dan diajak untuk belajar bersama. Jam belajar masyarakat dimulai pukul18.00 sampai pukul 20.00.Kalimat utama dalam paragraf di atas adalah kalimat yang pertama  yaitu , Pemuda warga desa tenteram memutuskan melaksanakan jam belajar masyarakat dengan tertib.

Contoh Paragraf deduktif  2 :
      Tikus adalah musuh petani yang sangat merugikan. Berpuluh-puluh hektar lebih sawah di berbagai daerah mengalami gagal panen disebabkan padinya dimakan tikus.Tanaman lain seperti singkong pun tak luput menjadi korbannya, bahkan buah petai cina yang sudah tua juga habis digerogoti binatang ini. Tak hanya itu saja bahkan binatang ternak seperti ayam dan bebek pun juga diserang tikus.
Nah demikianlah artikel tentang pengertian dan contoh paragraf deduktif ini semoga bermanfaat untuk kita semua. 



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top