Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Naikkan Traffic E Commerce dengan Strategi SEO yang Tepat


Traffic atau pengunjung yang tertarget merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan sebuah website e commerce. Semakin besar trafik tertarget yang masuk ke website e commerce kita semakin besar kemungkinan terjadi konversi atau penjualan dan semakin besar juga keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Karena itu mendatangkan traffic yang tertarget ke website e commerce merupakan hal penting yang harus dilakukan jika kita ingin usaha kita tetap eksis dan berkembang.

Untuk mendapatkan banyak traffic tertarget ke e commerce sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Baik itu cara ngiklan maupun cara organik. Cara ngiklan mungkin bisa dapat hasil instan akan tetapi butuh modal besar dan belum tentu bisa bertahan untuk jangka panjang. Sedangkan cara organik meski memakan waktu yang lebih lama untuk bisa menunjukkan hasil namun pertumbuhan traffic bisa dipakai untuk jangka panjang selama kita benar dalam penerapannya. 

Salah satu metode organic dalam mendatangkan traffic ke website e commerce adalah dengan melakukan optimasi SEO. Optimasi SEO ini dimaksudkan agar website e commerce yang kita kelola bisa merangking di halaman satu mesin pencari untuk keyword yang kita targetkan. Dengan berada di halaman awal mesin pencari seperti google maka peluang pengunjung yang akan datang ke website semakin besar.

Untuk menerapkan metode optimasi SEO sendiri hal pertama yang perlu kita lakukan adalah melakukan riset keyword. Dengan riset ini kita akan tahu keyword atau kata kunci mana yang berprospek bagus untuk kita targetkan. Sebuah keyword dengan prospek bagus ini bisa kita artikan sebagai keyword dengan tingkat persaingan yang rendah, volume pencarian tinggi serta bisa menarik pengunjung untuk melakukan transaksi.

Setelah menemukan keyword yang tepat untuk produk yang akan kita pasarkan selanjutnya kita perlu melakukan optimasi di website e commerce yang kita miliki tadi. Optimasi ini sering disebut sebagai optimasi on page karena jenis optimasi ini dilakukan di dalam website itu sendiri.

Beberapa optimasi SEO ini diantaranya adalah mengoptimasi judul, meta description, konten baik yang berupa teks, gambar maupun video, kecepatan website saat diakses serta desain dari website itu sendiri.

Untuk optimasi judul sebaiknya buatlah judul yang tidak terlalu panjang namun tetap bisa menggambarkan produk yang kita jual. Pastikan juga judul dibuat semenarik mungkin, karena judul masih menjadi hal pertama yang orang lihat ketika akan mengunjungi halaman website.

Selanjutnya terkait dengan meta description pastikan buat meta description yang menggoda, sehingga orang yang sedang mencari di google tertarik dan mengklik website kita. Pastikan meta description ini juga tidak terlalu panjang karena memang dibatasi hanya 150 hingga 160 karakter saja.

Terkait dengan konten, karena ini adalah website e commerce yang isinya produk maka kontennya tentu saja berisi seputar info produk tersebut. Dari spesifikasi produk, kelebihan, cara penggunaan serta hal hal lain yang terkait dengan produk itu sendiri. Pastikan konten ini dibuat semenarik dan seinformatif mungkin sehingga orang tertarik untuk membelinya. Akan lebih baik jika tidak memasukkan hal hal yang tidak berhubungan dengan produk tersebut.

Sedangkan untuk optimasi gambar, selain soal ukuran juga pastikan pemilihan jenis atau tipe file gambar yang tepat. Beberapa ahli menyarankan menggunakan file jenis .webp untuk gambar yang lebih cepat diloading. Pastikan juga file gambar diberi nama yang sesuai. Serta berikan juga atribut ‘alt’ yang berisi nama atau keterangan gambar agar mudah dibaca google.

Untuk para pengguna e commerce platform PlugoStore optimasi judul, meta description, kata kunci dan yang lainnya bisa dilakukan dengan lebih mudah karena plugo store menyediakan fitur SEO yang bisa langsung kita isi dengan cara login PlugoStore -> klik Pengaturan -> di bawah Manajemen Toko, klik Domain & SEO.

Selain optimasi di atas terkadang kita juga perlu melakukan optimasi off page dengan membangun backlink yang relevan. Backlink ini bisa dibangun dengan cara melakukan conten placement, gues posting atau yang sejenisnya. Akan tetapi jika kita melakukan hal tersebut pastikan memilih media yang memang memiliki reputas bagus dan masih relevan dengan jenis bisnis kita. Dan jangan sampai melanggar aturan google seperti spamming agar website kita tidak terkena sanksi baik itu sandbox atau yang sejenisnya.