Lensa Cair, Tajam dan Hemat Energi

Lensa Cair, Tajam dan Hemat Energi

Pernahkah anda memotret dengan ponsel kamera, lantas hasil fotonya tampak agak buram ( blur )? Atau yang keliatan fokus malah latar belakangnya sementara objek fotonya sendiri buram. Persoalan seperti ini lumrah terjadi pada ponsel kamera,terutama yang tak dilengkapi autofocus.
Ponsel kamera memang memiliki keterbatasan sebagai perangkat imaging. Selain resolusinya yang terbatas juga umumnya lensa yang digunakan masih berupa lensa fokus tetap. Lensa jenis ini memang main pukul rata saja pada setiap objek yang tertangkap lensa.
Persoalan ketajaman objek foto sekarang sedikit banyak sudah teratasi berkat hadirnya lensa autofokus yang bisa memfokus pada objek yang dipilih saja. Sayangnya ponsel kamera auto focus ini punya kelemahan yaitu boros pemakaian baterai.
Nah, saat ini ada pengembangan baru dari lensa yang bisa dipakai di ponsel yakni lensa yang menggunakan cairan (liquid lens), tidak lagi terbuat dari kaca seperti biasa. Inovasi ini merupakan pengembangan fenomena yang disebut electrowetting. Idenya sederhana, setetes air memiliki permukaan yang melengkung mirip lensa, dan juga punya kemampuan membesarkan citra objek. Jadi pada dasarnya air bisa dijadikan lensa kamera.
Masalahnya bagaimana mengatur fokus dan pembesaran citra obyek? Lembaga riset philips menemukan cara untuk itu. Air yang memiliki molekul polar itu permukaanya bisa diregangkan dengan memberi medan listrik. Bentuk dan ukuran tetesan air itu bisa berubah ubah sesuai dengan besar tegangan listrik yang diberikan. Jadi tinggal memberi besaran tegangan listrik yang tepat akan didapat bentuk dan ukuran lensa yang tepat pula.
Pekerjaan selanjutnya adalah menempatkan tetesan air ini dalam wadah khusus dan ditambahi komponen lain sehingga terciptalah sebuah lensa mini dari air. Menurut peneliti dari lembaga riset philips, lensa cair ini memiliki keunggulan lebih tajam dalam merekam obyek, mempunyai sudut fokus obyek yang lebih luas.
Karena tak memakai penggerak motorik (untuk penyesuaian focus length) lensa cair juga hemat batre,anti aus,bebas debu.


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top