Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Beberapa Pertimbangan dalam Memilih Cat Ruang Tamu


Ruang tamu merupakan salah satu bagian rumah yang paling penting. Bisa diibaratkan ruang tamu ini merupakan wajah dari sebuah rumah. Dari ruang tamu orang bisa menduga bagaimana kondisi dari sebuah rumah.

Oleh karena itu ruang tamu hendaknya ditata dan didesain dengan sebaik mungkin. Agar kita maupun tamu yang datang ke rumah bisa merasa nyaman. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam penataan dan pendesainan ruang tamu ini adalah dalam hal pengecatan. Warna dinding ruang tamu sedikit banyak akan mempengaruhi kenyamanan orang yang berada di ruangan tersebut.

Oleh karena itu ketika akan mengecat ruang tamu sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pengecatan baik itu dalam hal pemilihan cat maupun pengerjaannya. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pertimbangkan gaya dan suasana ruang tamu: Tentukan apakah kita ingin suasana yang cerah dan bersemangat, atau suasana yang lebih tenang dan tenang. Pilih warna cat yang sesuai dengan gaya dekorasi dan furniture ruang tamu kita. Pastikan warna cat yang kita pilih cocok dengan palet warna ruangan dan menciptakan keseimbangan visual.

2. Perhatikan cahaya dan ukuran ruangan: Pertimbangkan tingkat cahaya alami yang masuk ke dalam ruang tamu. Jika ruangan terang dan memiliki banyak cahaya alami, kita dapat memilih warna cat yang lebih gelap atau bold. Namun, jika ruangan cenderung gelap atau kecil, pertimbangkan cat ruang tamu dengan warna cerah atau netral untuk membantu menciptakan ilusi ruang yang lebih terang dan luas.

3. Pilih cat yang berkualitas tinggi: Penting untuk memilih cat yang berkualitas tinggi agar tahan lama dan memberikan hasil yang memuaskan. Pilih cat interior yang tahan lama, mudah diaplikasikan, dan memberikan hasil yang rata. Baca ulasan dan rekomendasi produk sebelum membeli untuk memastikan kualitasnya. Dan salah satu cat untuk ruang tamu yang bisa kita coba adalah cat avian. Hal ini karena brand yang satu ini sudah teruji dan terbukti bertahun tahun sebagai salah satu cat dengan kualitas tinggi untuk berbagai keperluan termasuk untuk ruang tamu.

4. Pertimbangkan daya tahan dan kepraktisan: Ruang tamu adalah area yang sering digunakan, jadi pilih cat ruang tamu yang tahan lama dan mudah dibersihkan. Pilih cat dengan kemampuan tahan noda dan noda, serta daya tahan terhadap aus dan luntur. Cat dengan lapisan permukaan yang tahan gores juga merupakan pilihan yang baik.

5. Uji sampel cat: Sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan cat ke seluruh ruang tamu, uji sampel cat pada bagian kecil dinding untuk melihat bagaimana warna tersebut terlihat dalam cahaya ruangan yang sebenarnya. Cat cenderung tampak berbeda di dalam ruangan daripada di toko atau dalam gambar.

Dan tidak ada salahnya juga jika terlebih dahulu kita berkonsultasi dengan seorang ahli dekorasi interior atau pengecat profesional yang dapat memberikan saran yang lebih spesifik berdasarkan kebutuhan dan preferensi kita.