Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menggunakan Sabun Khusus Untuk Cuci Botol Bayi - SehatQ


Memiliki seorang bayi merupakan anugerah terindah yang ditunggu tunggu oleh setiap keluarga. Karena itu wajar jika sebuah keluarga sudah dikaruniai bayi maka orang tua akan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga dan merawatnya. Termasuk didalamnya adalah menjaga kesehatan dan kebersihan dari bayi tersebut.

Berbicara tentang kebersihan seorang bayi maka tentu saja tak hanya kebersihan badan dari bayi itu sendiri akan tetapi termasuk juga kebersihan dari peralatan peralatan yang digunakan oleh bayi seperti botol susu misalnya. Botol susu yang bersih dan higienis tentu saja akan menjadikan kesehatan bayi lebih terjaga, sementara botol susu bayi yang kotor tentu saja akan menyebabkan bayi lebih rentan terkena penyakit maupun gangguan kesehatan lainnya entah itu karena bakteri, virus ataupun mikroba lainnya yang masuk ke tubuh bayi dari botol susu yang kotor tersebut.

Karena itu sangat penting bagi setiap orang tua yang memiliki bayi dan menggunakan botol susu bayi untuk mencuci botol tersebut dengan sebaik mungkin. Dalam hal pencucian botol susu bayi ini ada beberapa langkah yang perlu dilakukan misalnya saja yaitu:

  • Bersihkan botol susu dan perlengkapan makan bayi segera setelah digunakan. Gunakan air hangat dan sabun cuci botol bayi yang dipilih. Gosok dengan lembut menggunakan sikat botol atau spons khusus.
  • Bilas dengan air bersih hingga bersih dari sabun dan busa.
  • Setelah dicuci, sterilkan botol susu dan perlengkapan makan bayi dengan cara yang sesuai. Anda dapat menggunakan sterilizer bayi atau merebusnya dalam air mendidih selama beberapa menit.
  • Jemur botol susu dan perlengkapan makan bayi dengan cara yang bersih dan terhindar dari debu. Pastikan tidak ada sisa air yang tertinggal di dalam botol atau perlengkapan.

Dan jika diperlukan dalam melakukan pencucian botol susu bayi ini menggunakan sabun yang memang dikhususkan untuk hal tersebut. Hal ini karena sabun yang memang khsuus untuk mencuci botol susu bayi relatif lebih aman dibandingkan dengan sabun cuci biasa.

Perlu untuk diketahui di pasaran sendiri saat ini sudah ada cukup banyak merk dan jenis sabun cuci botol bayi yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kita miliki. Dan untuk memilih mana sabun cuci botol yang tepat sendiri ada beberapa kriteria yang perlu untuk kita perhatikan yaitu:

  • Sabun cuci khusus yang dipakai harus tidak meninggalkan residu di botol yang dicuci. Karena residu yang tertinggal pada botol susu ini bisa sangat berbahaya bagi bayi mengingat daya tahan tubuh mereka masih rendah dan tidak bisa mentolerir adanya zat asing tertentu yang masuk ke tubuh mereka.
  • Sabun cuci botol yang digunakan tidak meninggalkan aroma ataupun kalau meninggalkan aroma tidak bertahan lama. Hal ini dimaksudkan agar bayi nyaman saat menggunakan botol yang sudah dicuci. Mengingat bayi umumnya memiliki indera penciuman yang sangat kuat dan sensitif adanya aroma dari sabun pada botol bisa menyebabkan mereka menolak untuk minum susu dari botol tersebut.
  • Pastikan sabun yang dipakai ampuh untuk mengatasi kuman dan bakteri. Sesuai dengan tujuan awalnya yakni untuk membersihkan serta membunuh kuman, bakteri dan virus yang ada di botol bayi maka sabun cuci yang akan kita pakai harus memiliki atau mengandung zat tertentu yang mampu melakukan hal tersebut. Akan tetapi yang perlu diingat zat tersebut harus aman untuk bayi dan tidak meninggalkan residu seperti yang telah dibahas sebelumnya.

Untuk bisa mendapatkan sabun khusus untuk mencuci botol bayi sendiri sebenarnya sudah cukup mudah. Kita bisa mendapatkannya baik secara offline maupun online. Untuk yang mau beli offline bisa membelinya di toko toko perlengkapan bayi atau yang sejenisnya yang ada di sekitar kita. Sedangkan yang akan membeli secara online bisa membeli di marketplace, ecommerce maupun web web kesehatan terpercaya yang ada di Indonesia seperti sehatq misalnya.

Untuk merek merk Sabun Cuci Botol Terbaik yang bisa kita jadikan pilihan antara lain adalah sleek baby, Zwitsal Baby Bottle Cleaner, Ivly Nature – Baby Dish Wash, Cussons Baby Liquid Cleanser dan berbagai merk lainnya. Untuk mendapatkan yang cocok akan lebih baik jika kita bertanya dahulu kepada yang lebih ahli.