Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menghemat Uang Bulanan Untuk Anak Kost

 


Tinggal di tempat kost merupakan pilihan yang diambil banyak orang, terutama oleh mereka yang merantau, baik untuk keperluan bekerja maupun melanjutkan pendidikan.  


Meski ada beberapa tempat kost yang mewah namun secara umum kebanyakan tempat kost di Indonesia cukup sederhana. Hal ini tidak mengherankan karena kebanyakan yang bertempat tinggal di tempat kost jenis ini adalah mereka yang keuangannya pas pasan, seperti para pelajar, mahasiswa atau karyawan dengan gaji UMR. 


Jika saat ini kitapun memutuskan untuk tinggal di tempat kost entah itu karena keperluan pendidikan ataupun karena pekerjaan maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah soal budgeting atau pengaturan uang tiap bulannya.


Layaknya penghuni kost pada umumnya keuangan memang menjadi salah satu hal yang krusial bagi kita. Apalagi jika penghasilan bulanan kita pas pasan. Mengatur keuangan dengan sebaik mungkin agar bisa hemat adalah salah satu solusi agar bisa tetap bertahan sampai akhir bulan.    


Beberapa hal di bawah berikut ini mungkin saja bisa kita lakukan untuk menghemat keuangan bulanan kita selama tinggal di tempat kost:


Pilih Tempat Kost yang Lokasinya Dekat

Langkah penghematan seharusnya mulai dilakukan bahkan sejak awal kita akan tinggal di tempat kost tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari tempat kost yang lokasinya berdekatan dengan tempat kerja atau kuliah kita. Sebagai contoh jika kita akan bekerja di daerah Purwodadi maka pilihlah tempat kost Purwodadi yang letaknya berdekatan dengan tempat kerja kita tersebut. Dengan lokasi yang dekat ini kita akan bisa menghemat uang transport, karena bisa jalan kaki untuk sampai kesana tiap harinya. Atau kalaupun harus menggunakan sepeda motor dengan jarak yang dekat otomatis bensin yang dibutuhkan juga lebih sedikit.


Buat List Belanja  Bulanan

Dengan membuat list belanja bulanan ini kita bisa mengatur sedemikian rupa sehingga uang yang kita miliki masih cukup hingga akhir bulan. Untuk itu dalam list belanja bulanan ini pastikan diberi skala prioritas kebutuhan. Dengan begitu kita bisa membatasi saat belanja hanya membeli apa yang dibutuhkan saja. Hindari membeli barang yang tidak dibutuhkan hanya karena keinginan sesaat saja. Jika ada uang sisa bisa ditabung atau untuk anggaran dana darurat. 


Pilih Makanan yang Terjangkau

Urusan makanan biasanya menjadi salah satu yang paling menguras keuangan kita penghuni kost. Untuk mengatasinya kita bisa saja memasak sendiri. Namun jika dengan masak sendiri  justru membuang banyak waktu dan tenaga bagi kita yang harus berangkat kerja pagi dan pulang malam maka tak ada salahnya membeli makanan di tempat yang harganya murah. Namun meski murah ada baiknya kita perhatikan kualitas dari makanan yang kita beli termasuk juga kebersihannya, sehingga bisa meminimalisir kita terkena penyakit yang justru akan menambah pengeluaran. 


Cuci Baju Sendiri

Salah satu cara lain yang bisa kita lakukan untuk bisa menghemat pengeluaran bulanan adalah dengan mencuci baju sendiri. Tidak perlu dibawa ke laundry karena tentu saja akan menambah biaya. Dengan mencuci baju sendiri kita bisa menghemat pengeluaran bulanan yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya yang lebih perlu untuk dipenuhi.


Manfaatkan Fasilitas yang Ada Seoptimal Mungkin

Hal lain yang bisa kita lakukan untuk bisa menghemat pengeluaran bulanan adalah dengan memanfaatkan fasilitas yang ada baik itu di tempat kost ataupun tempat kerja kita dengan seoptimal mungkin. Optimal disini dalam artian sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Sebagai contoh jika ada fasilitas wifi maka bisa kita manfaatkan untuk keperluan download file yang ukurannya cukup besar sehingga kita bisa menghemat kuota kita.   


Cari Penghasilan Tambahan

Jika kita sudah berusaha untuk sehemat mungkin akan tetapi masih saja uang kita tidak bisa bertahan sampai akhir bulan maka yang perlu kita lakukan adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Dengan semakin majunya teknologi kini ada berbagai jenis pekerjaan sampingan yang bisa kita lakukan bahkan dari tempat kost kita. Kita bisa jualan online, dropship, main affiliate dan lain sebagainya untuk menambah penghasilan.   


Itulah tadi sedikit tips yang bisa kita terapkan untuk menghemat pengeluaran tiap bulan selama kita ngekost. Semoga tips tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua. Oh ya untuk kamu yang saat ini sedang menari kost di daerah Purwodadi dengan harga yang murah bisa memilih Kos Purwodadi Santoso Residence yang bisa dihubungi lewat nomor whatsapp ini