Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Badan

 


Bau badan yang tidak sedap merupakan masalah bagi banyak orang. Memiliki bau badan tentu saja merugikan tak hanya untuk diri sendiri akan tetapi juga bagi orang lain di sekitar. Kerap Kali orang yang memiliki masalah bau badan ini menjadi kurang percaya diri untuk bisa berbaur di masyarakat.


Oleh karena itu ada baiknya masalah bau badan ini bisa untuk segera diatasi. Karena pada beberapa kasus persoalan bau badan bisa saja terkait dengan perkara kesehatan lainnya. Dan tentu saja untuk bisa mengatasi masalah bau badan secara efektif tidak bisa dilakukan dengan sembarangan saja.


Perlu langkah yang tepat agar masalah bau badan bisa teratasi dengan baik dan efektif. Dan tentu saja untuk bisa melakukan hal tersebut kita perlu tahu terlebih dahulu apa penyebab dari bau badan yang kita alami. Karena bisa saja beda penyebab berbeda juga cara mengatasi bau badan yang kita alami.


Adapun beberapa contoh penyebab dari timbulnya bau badan yang tidak sedap ini antara lain adalah sebagai berikut:


Obesitas

Salah satu penyebab dari bau badan yang sering diabaikan oleh orang orang adalah karena faktor obesitas atau berat badan berlebih. Seperti yang kita ketahui bersama orang dengan berat badan berlebih memiliki lebih banyak pori pori yang terdapat pada lipatan tubuhnya. Area tersebut biasanya hangat, gelap dan lembab sehingga merupakan tempat yang cocok untuk bakteri berkembang biak. Dan bakteri bakteri inilah yang menyebabkan tubuh kita bisa mengeluarkan bau badan tidak sedap.


Kurang Menjaga Kebersihan

Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab bau badan pada banyak orang adalah karena faktor kebersihan yang kurang terjaga. Dan bagian bagian tubuh yang kurang bersih inilah yang biasanya menimbulkan bau badan tidak sedap baik karena bakteri, jamur maupun penyebab lainnya.


Makanan yang Dikonsumsi

Beberapa jenis bahan makanan tertentu bisa menyebabkan timbulnya bau badan yang tidak sedap. Sebagai contoh adalah bahan bahan makanan yang mengandung zat alisin seperti bawang putih maupun bawang merah bisa menyebabkan bau badan pada orang yang mengkonsumsinya. Demikian juga bahan makanan yang mengandung sulfur ataupun sulfida seperti  brokoli dan kubis juga bisa menimbulkan hal yang sama. 


Penyakit

Penyebab lain dari timbulnya bau badan yang tidak sedap adalah karena menderita penyakit jenis tertentu. Beberapa contoh jenis penyakit yang bisa menimbulkan bau badan tidak sedap ini adalah diabetes, gagal ginjal, serta liver.   


Gangguan Metabolisme pada Tubuh

Orang yang tubuhnya memiliki metabolisme tidak normal juga bisa menyebabkan bau badan. Kondisi ini sering disebut sebagai trimethylaminuria yakni gangguan metabolisme pada tubuh sehingga tubuh kehilangan kemampuan untuk memecah hormon trimetilamina yang ditemukan dalam makanan tertentu. Hormon yang tidak terpecah ini kemudian akan dikeluarkan melalui keringat, urin, dan napas, sehingga pengidapnya akan memiliki bau amis yang kuat.


Nah setelah kita tahu penyebab dari timbulnya bau badan yang kita alami maka bisa kita ambil langkah tepat untuk mengatasinya. Misalnya saja jika bau badan yang dialami karena obesitas maka bisa diatasi dengan berusaha menurunkan berat badan baik itu dengan diet, olahraga secara teratur maupun hal hal lainnya. Atau jika bau badan disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu maka cara mengatasinya adalah dengan menghindari makanan tersebut atau setidaknya menguranginya. Dan jika karena faktor kebersihan tentu bisa diatasi dengan  menjaga kebersihan tubuh kita. 





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top