Pantai Pantai Indah yang Ada di Jogja

Pantai Pantai Indah yang Ada di Jogja


 Bagi kita yang ingin berlibur dengan memanfaatkan hari libur nasional 2021 maka ada beberapa daerah di Indonesia yang bisa anda jadikan destinasi. Salah satunya adalah Yogyakarta yang merupakan salah satu daerah kunjungan wisata yang cukup populer di Indonesia. Tak mengherankan jika saat hari hari libur provinsi ini dikunjungi oleh banyak wisatawan. Jika wisata di Jogja tentunya kebanyakan dari kita akan berpikir tentang kebudayaan yang ada di sana.

Akan tetapi ternyata tak cuma mengandalkan wisata budayanya saja, Provinsi DIY juga memiliki banyak objek wisata alam yang indah salah satunya adalah pantai pantai yang terhampar di bagian selatan wilayah ini.

Keindahan pantai yang ada di jogja ini patut dipertimbangkan untuk anda kunjungi saat hari libur nasional 2021. Beberapa pantai yang ada di jogja tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pantai Parangtritis

Parangtritis yang terletak di Kabupaten Bantul merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal di Yogyakarta. Selama ini parangtritis dikenal sebagai pantai dengan ombak ombak besar. Selain itu di Parangtritis kita juga bisa melihat pemandangan gunung gunung pasir yang cukup indah. Beberapa sarana pendukung juga ada dan bisa digunakan oleh para pengunjung untuk bersenang senang di parangtritis misalnya saja adanya kuda, kereta kuda maupun ATV yang bisa disewa oleh para wisatawan untuk menyusuri wilayah pantai ini.

Di sekitar Pantai Parangtritis juga terdapat banyak penginapan yang bisa disewa oleh para pengunjung yang ingin bermalam di sana.


2. Pantai Parang Kusumo

Selain Pantai Parangtritis pantai lain di Bantul yang populer adalah Parangkusumo. Meski tak sepopuler Parangtritis namun panorama indah yang ada di Parangkusumo juga cukup menarik perhatian para wisatawan. Salah satu hal yang sering orang lihat ketika berada di parangkusumo adalah adanya gumuk pasir atau gundukan pasir yang terbentuk karena angin. Lokasi dari parangkusumo sendiri berada di sebelah barat parangtritis.


3. Pantai Samas

Pantai lain di daerah Bantul yang juga cukup populer adalah Pantai Samas. Pantai yang satu ini terkenal sebagai pantai dengan hembusan angin yang cukup kencang serta ombaknya yang besar. Salah satu hal istimewa yang ada di Pantai Samas adalah delta sungai dan laguna yang terbentuk di muara sungai opak. Penduduk sekitar sering menyebut delta sungai sebagai wedi kengser sementara lagunanya sering disebut sebagai pengklik.

Di pantai samas kita juga bisa melihat penyu penyu yang termasuk langka seperti penyu belimbing dan penyu sisik.

4. Pantai Baron

Beralih ke daerah Gunung Kidul kita juga bisa menemukan cukup banyak pantai dengan pemandangan yang indah. Salah satu contohnya adalah Pantai Baron yang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Atau 40 KM dari pusat kota Jogja. Di pantai Baron ini selain bisa melihat berbagai pemandangan indah kita juga bisa mendaki untuk menuju ke bangunan mercusuar yang ada di dekat Pantai Baron. Kita Pun Juga bisa menemukan spot spot yang cukup instagramable seperti di baron techno park misalnya.


5. Pantai Indrayanti

Pantai populer lain di Gunungkidul adala Pantai Indrayanti yang memiliki haparan pasir putih cukup panjang. Pantai ini juga termasuk pantai yang cukup bersih kondisinya. Meskipun orang lebih mengenal nama pantai Indrayanti akan tetapi sebenarnya nama asli dari pantai ini adalah Pantai Pulang Syawa.


6. Pantai Glagah

Beralih ke bagian barat provinsi DIY tepatnya di Kabupaten Kulonprogo kita akan bisa menemui Pantai yang cukup populer yakni Pantai Glagah. Di pantai ini kita akan disuguhkan pemandangan laguna yang cukup indah. Tak seperti pantai lain laguna pantai glagah terbentuk dari bagian daratan berbentuk cekung yang kemudian membentuk telaga berukuran cukup luas. Dan keberadaan laguna ini juga dimanfaatkan sebagai sarana wisata air, seperti perahu kayuh, kano, hingga sampan kecil yang bisa digunakan untuk berkeliling di laguna.


Tak hanya lagunanya saja kekhasan lain dari Pantai Glagah adalah dermaga panjang dengan tetrapod yang berfungsi sebagai pemecah ombak besar. Banyak orang yang memanfaatkan tetrapod ini sebagai tempat memancing.





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top