Mau Memulai Bisnis Jualan Pakaian? Perhatikan Hal Hal Berikut Ini

Mau Memulai Bisnis Jualan Pakaian? Perhatikan Hal Hal Berikut Ini


Saat seseorang akan memulai sebuah berjualan ataupun berbisnis maka salah satu hal paling besar yang sering menjadi pertanyaan adalah jenis bisnis apa yang akan dilakukan. Hal ini karena memilih jenis bisnis yang tepat akan relatif memudahkan kita dalam mengelolanya.

Dalam pemilihan jenis bisnis ini salah satu hal yang sering dijadikan pertimbangan adalah prospek dari bisnis tersebut kedepannya. Hal ini karena bisnis tidak hanya untuk hari ini saja akan tetapi juga untuk masa masa yang akan datang. Dalam masalah prospek ini ada beberapa hal yang biasanya orang orang perhatikan yakni soal peluang yang ada, kompetitor dan lain sebagainya.


Diantara sekian banyak bisnis yang ada salah satu jenis bisnis yang dari dahulu hingga sekarang masih banyak diminati orang adalah bisnis berjualan pakaian. Hal ini cukup wajar mengingat pakaian merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap orang. Dan prospek kedepan dari berjualan pakaian ini sepertinya juga cukup cerah. Jadi bagi kita yang sedang ingin memulai bisnis maka tak ada salahnya memilih bisnis jualan pakaian ini. 

Akan tetapi meskipun memiliki prospek yang bagus bukan berarti kita bisa sembarangan saja dalam memulai bisnis jualan pakaian ini. Saat akan memulai bisnis ini kita tentunya harus mempersiapkannya dengan baik. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat akan memulai bisnis berjualan pakaian ini. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :


Modal yang Kita Punyai

Percaya atau tidak modal merupakan salah satu hal utama yang kita perlukan saat akan memulai sebuah bisnis apapun jenis bisnis tersebut. Modal disini tentunya bukan hanya soal modal uang saja akan tetapi juga soal relasi, koneksi, keahlian dan lain sebagainya.

Dan khusus untuk modal materi atau uang kita bisa sesuaikan dengan skala bisnis kita. Jika di awal awal memulai usaha modal kita tidak terlalu besar tak masalah karena kita bisa berjualan dalam skala kecil terlebih dahulu. Bahkan seandainya pun kita tak memiliki modal atau hanya sedikit sekali maka kita bisa mulai dengan menjualkan pakaian milik orang lain terlebih dahulu baik itu dengan cara dropship maupun cara yang lainnya.


Jenis Pakaian yang Akan Kita Jual

Penting juga untuk kita menentukan jenis pakaian yang akan kita jual. Apakah kita akan menjual pakaian pakaian casual harian, seragam kerja, seragam sekolah ataukah yang lainnya perlu kita pertimbangkan dengan matang. Dan sebagai bahan pertimbangan kita bisa melakukan survei sederhana tentang kebutuhan akan pakaian di lingkungan sekitar kita terlebih dahulu.


Dan jika pada akhirnya kita memutuskan untuk berjualan pakaian casual atau pakaian sehari hari maka perlu juga bagi kita untuk mengetahui tentang tren pakaian yang ada. Jangan sampai kita menjual barang atau pakaian yang sudah ketinggalan zaman karena bisa jadi peminatnya tidak banyak.


Memilih Supplier yang Tepat

Setelah memutuskan akan menjual pakaian jenis apa maka hal yang selanjutnya bisa kita lakukan adalah mencari dan memilih supplier untuk pakaian tersebut. Dalam pemilihan supplier ini ada beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan misalnya saja soal reputasi mereka, kualitas barang serta harga yang ditawarkan.


Metode Penjualan yang Akan Kita Pakai

Untuk metode penjualan ini kita bisa memilih apakah akan berjualan secara offline, online atau keduanya. Jika kita akan berjualan secara offline maka tentunya kita perlu memikirkan lokasi yang tepat bisa dengan menyewa kios, atau toko di tempat yang ramai pengunjung. Bisa juga dengan cara berdagang keliling menggunakan mobil atau motor dari satu tempat ke tempat yang lainnya.


Sedangkan jika menggunakan metode online kita bisa melakukannya lewat facebook, instagram, marketplace maupun lewat website milik kita sendiri.


Selain cara penjualan cara promosi pun bisa dilakukan dengan cara offline maupun online. Untuk cara offline misalnya dengan promosi mulut ke mulut, menggunakan selebaran dan lain sebagainya. Sedangkan cara online bisa menggunakan FB Ads, Google ads ataupun menggunakan SEO.


Waktu Memulai Usaha

Sebenarnya tidak ada patokan kapan kita harus memulai usaha jualan ini. Akan tetapi mengingat sebentar lagi lebaran yang umumnya tingkat penjualan pakaian cukup tinggi maka tak ada salahnya jika kita memulai bisnis jualan pakaian ini sekarang juga.


Sarana Pendukung

Jika kita ingin usaha kita bisa berjalan dengan optimal maka tentunya kita perlu menggunakan sarana sarana yang menunjang keefektifan dan keefisienan usaha kita. Termasuk didalamnya adalah dalam hal pencatatan keuangan. Dibandingkan menggunakan pencatatan manual akuntansi yang memang didesain untuk melakukan hal tersebut. Apalagi saat ini sudah ada beberapa software jenis ini yang bisa kita dapatkan secara gratis seperti kledo misalnya.


Lewat software ini kita bisa melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan pencatatan keuangan. Mulai dari pencatatan masuk dan keluarnya uang, hutang piutang, penjualan barang dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan menggunakan software yang satu ini.


Bahkan dengan kledo kita juga bisa membuat invoice dengan desain yang profesional dan informatif. Dengan adanya invoice ini tentunya akan memudahkan kita dalam melakukan penagihan saat diperlukan.


Untuk menggunakan kledo caranya juga cukup mudah. Kita tinggal masuk ke web kledo disini kemudian mendaftarkan diri dengan mengisi form yang ada.





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top