Manfaat Software Akuntansi bagi Keuangan Bisnis, Wajib Tahu!

Manfaat Software Akuntansi bagi Keuangan Bisnis, Wajib Tahu!

Software akuntansi kini banyak digunakan oleh pelaku bisnis, baik bisnis yang sudah besar ataupun masih dalam taraf UMKM. Software akuntansi dipilih karena penggunaannya lebih mudah dibandingkan dengan akuntansi manual yang dulu sering digunakan. Meskipun sudah cukup popular, ternyata masih banyak yang belum mengetahui software akuntansi ini, khususnya bagi pelaku bisnis pemula. Banyak dari mereka yang masih menggunakan cara akuntansi manual seperti pencatatan di buku atau menggunakan Microsoft Excel. Meskipun memiliki tujuan yang sama, namun manfaat yang didapatkan antara menggunakan akuntansi manual dengan menggunakan software akuntansi jauh berbeda. Di sini akan dibahas apa saja manfaat yang didapatkan dengan menggunakan software akuntansi, berikut rekomendasi software akuntansi terbaik yang bisa digunakan.

Akuntansi Manual VS Software Akuntansi

Berikut beberapa perbedaan antara akuntansi manual dengan software akuntansi yang wajib diketahui:

Akuntansi Manual

Dahulu, akuntansi manual banyak digunakan perusahaan untuk mengelola keuangan bisnis. Namun semakin berkembangnya teknologi, akuntansi manual mulai bergeser ke software akuntansi. Buat yang belum tahu, sebenarnya apa sih akuntansi manual dan apa ciri-ciri dari jenis akuntansi ini? Berikut penjelasannya:

  1. Akuntansi manual dikerjakan murni oleh tangan dan pikiran manusia, mulai dari proses pencatatan sampai pengikhtisar keuangan semuanya dilakukan oleh manusia.
  2. Manusia memegang peran yang sangat penting dalam menjalankan proses akuntansi.
  3. Dalam menjalankan proses perhitungan keuangan, sangat diperlukan kecermatan dan kecepatan waktu.
  4. Kecermatan dan ketepatan waktu juga dibutuhkan dalam mencatat data keuangan dan menyajikan laporan keuangan.
  5. Dibutuhkan pemisah antara pihak yang menangani buku harian, buku besar, dan jurnal akuntansi.

Software Akuntansi

Memiliki tujuan yang sama seperti akuntansi manual, software akuntansi adalah bentuk mudah dari akuntansi manual. Berikut beberapa ciri yang ada pada software akuntansi yang wajib diketahui:

  1. Proses pengelolaan keuangan pada software akuntansi melibatkan tangan manusia untuk memasukan data atau mencatat dokumen bisnis.
  2. Dalam pencatatan, penyajian informasi, dan laporan keuangan dibutuhkan kecermatan dan ketepatan waktu dan semuanya sudah terjamin oleh komputer.
  3. Dalam kegiatan akuntansi, digunakan proses komputer sehingga kehandalan hardware, Issue G.I.G.O (Garbage In Garbage Out) akan muncul dalam sistem komputerisasi.

Sebenarnya Anda tidak harus menggunakan software akuntansi untuk mengelola keuangan dengan komputer. Anda bisa menggunakan Microsoft Excel untuk menghitung proses akuntansi di komputer, namun Anda akan direpotkan dengan rumus-rumus yang cukup rumit. Oleh karena itu, penggunaan software akuntansi dipilih karena lebih mudah dan efektif untuk menghitung dan mengelola keuangan perusahaan.

Pengertian dari Software Akuntansi

Software akuntansi atau disebut juga dengan aplikasi keuangan merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk akuntansi profesional dalam mengelolaan akun dan juga untuk menyederhanakan operasional keuangan dalam sebuah organisasi. Sistem akuntansi yang sederhana biasanya terdiri dari program entri tunggal yang digunakan untuk menyimpan data individu. Berbeda dnegan sistem akuntansi sederhana, software akuntansi yang canggih dapat digunakan untuk mengelola utang dan piutang, membuat invoice, membuat buku besar, menginput gaji karyawan, dan juga aset organisasi.

Saat ini software akuntansi menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh bisnis. Anda dapat melakukan melacakan transaksi keuangan secara terperinci dan juga membuat berbagai laporan keuangan secara cepat. Sebelum adanya software keuangan, pembuatan laporan keuangan pada awalnya menggunakan cara manual dan ini sangat tidak praktis, karena harus memasukan data secara manual, begitu pula dengan penghitungannya. Jadi, sudah siapkah Anda mengganti penggunaan akuntansi manual dengan software akuntansi?

Manfaat Software Akuntansi

Manfaat menjadi salah satu pertimbangan besar ketika memilih suatu produk atau barang, begitu pula dengan software akuntansi. Kira-kira apa saja manfaat yang didapatkan dengan menggunakan software akuntansi ini?

Mengontrol Keuangan dengan Baik

Dengan software akuntansi, Anda dapat mengontrol keuangan secara otomatis. Bahkan buat Anda yang memang masih baru dalam dunia akuntansi. Dengan tambahan pelatihan, Anda dapat mengelola semua operasional akuntansi bisnis dengan komputer atau smartphone tanpa harus membayar jasa akuntan untuk mengontrol anggaran bisnis.

Menghemat Pengeluaran Perusahaan

Manfaat kedua yang didapatkan dengan menggunakan software akuntansi adalah Anda dapat menghemat pengeluaran perusahaan. Software akuntansi mampu mengotomatiskan perhitungan pokok dan juga prosedur administrasi serta mampu menyusun anggaran bisnis, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan outsourcing manajemen keuangan pada pihak luar. Anda juga dapat mengurangi biaya yang berhubungan dengan percetakan, pemberian dokumentasi menggunakan software akuntansi ini. Seluruh data keuangan Anda juga tersimpan aman secara digital dan mudah untuk dipantau.

Data Lebih Akurat

Dengan menggunakan software akuntansi, Anda juga dapat meminimalisir human error yang biasanya terjadi saat memasukan data. Padahal memasukan data yang tidak akurat dapat mengakibatkan krisis yang nantinya akan berdampak pada keberlangsungan bisnis. Dengan adanya software akuntansi, krisis tersebut dapat dicegah.

Lebih Mudah Mengambil Keputusan

Dengan adanya software akuntansi, Anda dapat lebih mudah mengambil keputusan karena software akuntansi memberikan angka yang membuat Anda paham dimana harus memotong pengeluaran atau dimana Anda harus melakuakn investasi lebih banyak.

Keamanan Data Keuangan Lebih Terjaga

Data keuangan merupakan informasi penting yang dimiliki oleh perusahaan. Informasin ini harus dijaga dengan sangat hati-hati agar tidak hilang atau jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Dengan menggunakan software akuntansi, Anda dapat menyimpan data keuangan bisnis dengan aman. Terlebih pada software akuntansi berbasis cloud, penyimpanan dilakukan di server internet, sehingga jika terjadi hal buruk pada komputer yang digunakan tidak akan memengaruhi data-data keuangan bisnis.

Dapat Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Manfaat terakhir yang didapatkan dengan menggunakan software akuntansi adalah Anda dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Seperti yang diketahui, membuat laporan keuangan dan merapikan pembukuan merupakan pekerjaan yang memakan banyak waktu. Demi pekerjaan ini karyawan harus mengorbankan pekerjaan lainnya. Namun dnegan adanya software akuntansi, semua tugas keuangan dapat dikerjakan secara otomatis sehingga karyawan dapat menggunakan waktunya yang lain untuk mengerjakan tugas lainnya.

Temukan Manfaat Software Akuntansi di Kledo

Setelah mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan dari penggunaan software akuntansi, kini saatnya memilih software akuntansi terbaik untuk bisnis Anda. Buat Anda yang masih bingung dalam memilih software akuntansi, Anda harus mencoba software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan software akuntansi yang sangat mudah digunakan sehingga dapat dioperasikan oleh orang yang awam sekalipun. Selain mudah, apa lagi sih yang diberikan Kledo kepada penggunanya?

Membicarakan software akuntansi, tidak lengkap jika tidak membahas fitur-fitur yang dimilikinya. Fitur-fitur ini sangat dibutuhkan dalam pengelolaan keuangan dan sangat membantu pembuatan laporan keuangan. Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Kledo:

Berbasis Cloud

Kledo merupakan software akuntansi berbasis cloud. Dengan adanya basis cloud ini, pengguna tidak perlu khawatir saat komputer tiba-tiba mengalami kerusakan atau kehilangan, karena data tersimpan aman di internet. Tidak hanya itu, bersama Kledo pengguna bisa tetap mengelola keuangan di komputer berbeda asalkan masih terhubung dengan internet. Mudah, bukan?

Invoicing

Bersama Kledo, Anda bisa membuat invoice dengan lebih mudah. Cukup masukan data dan Kledo akan membuatkan invoice khusus untuk pelanggan Anda. Invoice ini bisa digunakan untuk berbagai bisnis, baik yang bergerak dibidang dagang ataupun di bidang jasa.

Purchasing

Kledo akan membantu Anda dalam membuat purchasing dengan sangat mudah. Anda dapat melacak purchasing order dan pembelian sampai secara detail, berapa harga yang telah disepakati, dan juga dokumen-dokumen yang mendukungnya.

Pencatatan Biaya

Ingin mencatat pengeluaran, melacak pos pengeluaran, dan mendapatkan laporan pengeluaran dengan rinci, semuanya dapat dilakukan dengan software akuntansi dari Kledo. Bersama Kledo, Anda tidak perlu penumpuk kuitansi pengeluaran, karena Anda dapat mencatat semuanya dengan mudah di Kledo.

Aset Tetap

Dengan Kledo melacak aset tetap juga menjadi sangat mudah. Tidak hanya itu, bersama Kledo Anda juga dapat mendepresiasi aset secara otomatis dan mendapatkan laporan aset secara realtime.

Laporan

Kledo dilengkapi lebih dari 30 laporan keuangan dengan informasi yang sangat akurat tentang performa bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat melihat pengeluaran usaha, produk paling laris, dan saldo bank dalam bentuk grafik cantik.

Kesimpulan

Software akuntansi kini banyak digunakan oleh bisnis untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Meski sudah banyak yang beralih dari akuntansi manual ke software akuntansi, namun ternyata masih ada yang belum tahu apa itu software akuntansi. Padahal software akuntansi ini memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan untuk pengelolaan keuangan bisnis. Dari manfaat-manfaat yang sudah dijelaskan di atas, apakah Anda masih ragu untuk menggunakan software akuntansi? Yuk coba software akuntansi KLEDO sekarang juga!




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top