Tips Membuat CV yang Baik dan Menarik

Tips Membuat CV yang Baik dan Menarik

Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu dokumen yang sangat penting keberadaannya ketika seseorang melamar sebuah pekerjaan. Melaui CV inilah calon pekerja bisa menjelaskan dirinya secara singkat baik itu dari segi pendidikan, kemampuan maupun pengalamannya. Lewat Cv juga bisa dilihat kesungguhan seseorang dalam melamar pekerjaan tersebut. Sesororang yang hanya membuat cvnya secara asal asalan bisa saja dianggap tidak terlalu serius dalam melamar pekerjaan sehingga terkadang diabaikan oleh HRD perusahaan.

Dan karena umumnya perusahaan terutama perusahaan besar menerima cukup banyak surat lamaran dan cv setiap harinya maka tentunya tak semua dihiraukan. Ada kalanya beberapa cv diabaikan entah karena memang tidak memenuhi kualifikasi atau karena tidak menarik dan hanya asal asalan dibuat saja. Oleh karenanya jika saat ini kita sedang dalam fase mencari kerja maka kita harus benar benar serius dalam pembuatan CV ini. Usahakan untuk membuat cv dengan baik dan juga tetap menarik.

 Setidaknya agar cv yang kita buat ini bisa baik dan menarik ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Buat CV dengan Struktur yang Runtut dan Jelas

Agar cv kita nampak menarik dan mudah dipahami maka sebaiknya membuat cv dengan struktur yang runtut dan jelas. Misalnya saja kita bisa membuat cv dengan diisi urutan data data tentang data diri, riwayat pendidikan, kompetensi,  pengalaman kerja, pengalaman organisasi, kontak orang yang merekomendasikand an seterusnya. Kesemuanya itu diisi dengan jelas. Dan jika kita mencantumkan kontak diri di cv kita maka jangan sampai salah karena melaui kontak tersebut baik itu no hp atau email HRD akan menghubungi kita. Dan untuk email yang dicantumkan sebaiknya menggunakan alamat email yang tampak profesional dengan menggunakan nama anda misanya : mukhlis@gmail.com jangan menggunakan email yang terkesan alay seperti aku123bukansiapasiapa@gmail.com dan yang sejenisnya.

2. Isikan Kompetensi atau Kemampuan yang Dimiliki yang Sesuai dengan Jenis Pekerjaan yang Dilamar

Misalnya saja kita melamar untuk menjadi seorang seo specialist maka tampilkan kompetensi apa saja yang memang benar kita kuasai yang sesuai dengan kebutuhan misalnya saja kita memiliki kompetensi dalam hal on page dan off page seo. Jangan tampilkan apa yang tida berhubungan dengan hal tersebut. Misalnya kita jago masak maka tak perlu untuk dicantumkan.

3. Gunakan Bahasa Formal

Dalam pembuatan CV ini sebaiknya menggunakan bahasa formal dan resmi. Kitapun juga harus memperhatikan kaidah penulisan yang baik misalnya saja dalam hal pemberian tanda baca dan yang sejenisnya.

4. Buat Desain CV yang Menarik

Buatlah desain Cv yang menarik sehingga CV yang kita buat tak melulu hanya sebuah tumpukan kertas biasa saja. Untuk Contoh CV Lamaran Kerja ini kita bisa mencontoh beberapa cv dengan desain bagus yang ada di internet. Misalnya saja melalui web bikincv.com. Di sana selain kita bisa melihat berbagai macam template cv yang ada kita juga bisa melihat berbagai Contoh Surat Lamaran Kerja yang juga sangat kita butuhkan ketika melamar pekerjaan.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top