Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Staycation Nyaman dan Menyenangkan

Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Staycation Nyaman dan Menyenangkan

 

Stycation barangkali merupakan salah satu istilah yang cukup populer belakangan ini. Staycation yang berasal dari kata stay dan vacation ini sering diartikan sebagai Berwisata di dalam kota. Di tengah pembatasan sosial skala besar di beberapa daerah tentunya stycation menjadi salah satu alternatif kegiatan untuk menghilangkan kejenuhan dan kepenatan.

Melakukan staycation memiliki sejumlah keunggulan misalnya saja hemat waktu karena tidak harus bepergian jauh jauh hanya di kota tempat tinggal dan sekitarnya saja. Karena itu staycation cukup cocok untuk mereka yang tak mempunyai waktu libur dalam jangka waktu yang lama. Dan bisa dibilang stycation ini juga cukup hemat biaya karena jarak tempuh yang tidak jauh dan hanya sebentar saja.

Namun tentunya agar liburan stycation kita bisa nyaman ada beberapa hal yang sebaiknya kita persiapkan terlebih dahulu. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut ;

1. Waktu staycation

Merupakan hal yang cukup penting bagi kita untuk menentukan kapan dan berapa lama kita akan stycation. Untuk kita yang biasanya memiliki jadwal pekerjaan cukup padat mungkin bisa memilih stycation di kala weekend. Dan dengan jangka waktu 1 atau 2 hari saja. Sementara untuk kita yang memiliki jadwal tidak terlalu padat maka tentunya bisa lebih fleksibel dalam pemilihan waktu stycation ini.

2. Tempat Menginap

Hal selanjutnya yang juga patut untuk dipertimbangkan ketika stycation adalah tempat menginap. Kita bisa memilih menyewa apartemen ataupun hotel untuk stycation kita ini. Tentunya pastikan memilih tempat penginapan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya dari segi fasilitas ada baiknya memilih penginapan entah itu hotel maupun apartemen dengan fasilitas yang cukup lengkap. Akan lebih baik lagi jika penginapan ini memiliki lokasi yang cukup strategis dan mudah untuk dijangkau. 

Untuk menemukan penginapan stycation sendiri saat ini juga sudah cukup mudah. Mengingat saat ini sudah ada cukup banyak situs booking online yang juga memberikan informasi seputar hotel dan penginapan stycation dengan lengkap. Salah satu contoh misalnya dengan menggunakan traveloka. Dengan memakai traveloka kita bisa memilih sendiri hotel yang sesuai baik dari segi fasilitas, budget maupun lokasi untuk kita stycation.

3. Kegiatan selama staycation

Ketika kita melakukan ada cukup banyak aktifitas yang bisa kita lakukan. Mulai dari berenang di kolam renang penginapan, bersepeda keliling kota, spa, piknik, memasak dan lain sebagainya. Pilihlah jenis kegiatan yang menurut kita menyenangkan dan fisik kita masih mampu untuk melakukannya. Yang jelas untuk kegiatan kegiatan staycation ini jangan terlalu memaksakan diri.

4. Budget

Meskipun staycation biasanya dilakukan di dalam kota sendiri akan tetapi kita sebaiknya tetap memperhitungkan budget yang dipakai dengan bijak. Jangan sampai keuangan kita menjadi kacau hanya gara gara terlalu boros saat staycation. Sebaiknya ada prioritas prioritas yang perlu kita pertimbangkan ketika membelanjakan uang untuk staycation kita.

5. Dengan Siapa

Saat memutuskan staycation kita bisa memilih akan sendiri atau bersama orang lain. Untuk yang tujuan staycationnya agar tenang dan tanpa gangguan maka bolehkah memilih staycation sendirian. Akan tetapi jika kita termasuk orang yang mudah bosan maka tak ada salahnya untuk mengajak orang lain baik itu keluarga, pasangan ataupun teman untuk staycation bersama. Dengan mengajak orang lain staycation tentunya bisa terasa lebih ramai dan berwarna. Selain itu terkadang staycation dengan lebih dari satu orang bisa lebih menghemat biaya penginapan dan beberapa biaya lainnya.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top