Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Memilih Jenis Genset Berdasarkan Kebutuhan Bisnis


Dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis, kestabilan pasokan listrik menjadi salah satu kunci keberhasilan. Pasokan daya listrik merupakan bahan baku dalam industri yang tidak kalah penting dengan bahan baku lainnya. Oleh karena itu, memastikan pasokan listrik tetap stabil dengan sewa genset adalah pekerjaan penting agar bisnis tetap berjalan lancar. 

Apalagi mempertimbangkan bahwa pasokan daya listrik dari PLN bisa saja mengalami gangguan sewaktu-waktu baik dari produksinya ataupun transmisinya. 

Memilih Jenis Genset yang Tepat Sesuai Kebutuhan Bisnis

Jenis genset yang Anda pilih harus mempertimbangkan kapasitas bisnis yang Anda jalankan. Untuk bisnis skala kecil tentu membutuhkan jenis genset yang berbeda dengan bisnis berskala besar. Selain itu, pemilihan genset juga ditentukan oleh peruntukannya apakah untuk daya cadangan utama atau memang pasokan utama. 

1. Genset Berjenis Portabel

Genset berjenis portable dapat dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan sangat mudah. Jenis genset portable ini umumnya akan menghasilkan daya menengah yang berkisar puluhan kVA. Oleh karena itu, jenis genset portable sangat cocok dipilih oleh mereka yang mengelola bisnis dengan skala terbilang sangat kecil seperti industri rumahan. 

Untuk bisnis skala kecil, hal penting yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih genset portable adalah konsumsi bahan bakar yang kecil dengan output daya maksimal. Anda harus mempertimbangkan peralatan apa saja yang membutuhkan pasokan daya dari genset. 

2. Genset Stand-By

Untuk Anda pemilik bisnis skala besar ataupun skala kecil bisa juga memilih genset berjenis stand-by yang lebih handal terkait penyediaan daya. Genset stand-by memiliki ukuran yang jauh lebih besar ketimbang genset portable sehingga Anda harus mempertimbangkan lokasi untuk meletakkan genset tersebut. Peletakan genset stand-by sebaiknya menjauhi jendela dan juga pintu yang memungkinkan paparan sinar matahari mengenai genset secara terus-menerus. 

Untuk membantu memenuhi kebutuhan pasokan daya untuk industri skala besar, PT Sewatama hadir sejak lebih dari 20 tahun yang lalu membantu kebutuhan industri kelistrikan akan daya listrik yang stabil. Ada berbagai genset dengan spesifikasi yang bervariasi yang dihadirkan oleh PT Sewatama dan cocok untuk bisnis Anda.