10 Jurusan Kuliah Favorit yang Paling Banyak Dipilih

10 Jurusan Kuliah Favorit yang Paling Banyak Dipilih

Saat daftar kuliah, hal apa saja yang kamu jadikan bahan pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah?
Apakah kepopuleran jurusan, prospek kerja, atau bakat dan minat kamu?
Jika kepopuleran jurusan jadi pertimbangan kamu, daftar jurusan kuliah favorit ini mungkin bisa membantu. Jurusan favorit yang dimaksud disini didasarkan pada banyak tidaknya peminat jurusan tersebut.
Daftar Jurusan Favorit yang Banyak Peminatnya
Langsung saja, berikut daftar jurusan kuliah berdasarkan survei global International Education yang dilakukan oleh HSBC.
1. Ilmu Komputer dan IT
Jurusan ilmu komputer dan teknik informatika memang sangat populer karena teknologi yang memang berkembang pesat. Beberapa bidang yang masuk jurusan IT antara lain yaitu AI, teknologi informasi, sistem informasi, teknik komputer, teknik informatika, sistem operasi, keamanan siber, dan masih banyak lainnya.
2. Bisnis dan Manajemen
Banyak yang mengatakan bahwa jurusan bisnis dan manajemen merupakan jurusan paling aman karena selalu dibutuhkan sampai kapanpun.
Apakah kamu juga berpikiran demikian?
Jurusan satu ini mencakup bidang keuangan, akuntansi, manajemen SDM, kewirausahaan, marketing, ekonomi, perbankan, keuangan, manajemen keuangan, logistik, dan lain sebagainya. Jika kamu berniat membuka bisnis sendiri, sangat disarankan mengambil jurusan ini.
3. Seni dan Desain
Jurusan seni dan desain pun tak kalah banyak peminatnya. Mereka yang masuk jurusan ini angat menyukai seni, budaya, dan tentunya memiliki kreatifitas yang tinggi.
4. Engineering
Menurut beberapa penelitian, lulusan teknik saat ini paling banyak dicari perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.
Bidang jurusan teknik pun sangat banyak, tapi yang paling banyak peminatnya antara lain yaitu petroleum engineering, chemical engineering, nuclear engineering, electrical engineering, aerospace engineering, material science, mechanical engineering, dan industrial engineering.
5. Sosiologi, Psikologi
Hal yang berhubungan dengan sosial selalu menarik. Mungkin peminatnya kelihatan kecil tapi berdasarkan survei ternyata orang yang tertarik dengan bidang tersebut tergolong sangat banyak.
Apakah kamu termasuk salah satunya?
6. Kedokteran
Jurusan kedokteran terkenal sebagai jurusan yang hanya diisi oleh orang-orang pintar dan berduit. Orang yang masuk jurusan ini katanya dijamin memiliki masa depan yang cerah karena hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan selalu dibutuhkan.
Dalam survei International Education, jurusan kedokteran yang dimaksud mencakup bidang kedokteran hewan.
7. Media atau Jurnalistik, Broadcast, PR
Bidang jurnalistik, penyiaran, berita ternyata juga masih banyak peminatnya hingga sekarang. Hal ini wajar saja karena dunia jurnalistik memang tidak pernah mati.
8. Matematika dan Sains
Meskipun terkenal memusingkan, jurusan matematika dan sains tetap memiliki banyak peminat. Alasannya mungkin karena jurusan ini menjadi dasar dari jurusan rumit lain seperti  
teknik. Hasil kerja orang-orang teknik tentu didapat dari penerapan ilmu matematika dan sains.
9. Hukum
Hukum masuk daftar karena memang termasuk jurusan bergengsi yang selalu dibutuhkan. Tanpa adanya jurusan hukum, hal baik buruk tidak akan ada pembatasnya.
10. Literasi atau Sastra
Sebagai salah satu media komunikasi, jurusan bahasa dan sastra tentu tidak ketinggalan dalam daftar 10 besar jurusan favorit. Jurusan satu ini selalu dibutuhkan jadi peminatnya cukup banyak.
Nah itu tadi daftar 10 jurusan favorit yang bisa kamu jadikan salah satu sumber informasi saat ingin daftar kuliah. Perlu kamu tahu, daftar kuliah sekarang sangat mudah karena bisa via online dengan aplikasi goKampus.
Aplikasi goKampus menyediakan banyak layanan yang akan memudahkan kamu saat mencari pendaftaran kuliah yang masih buka. Salah satu universitas yang sudah bekerjasama dengan GoKampus adalah STIH IBLAM.
pendaftaran STIH IBLAM sekarang bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi goKampus. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi goKampus sekarang juga.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top