4 Cara Mendapatkan Uang Muka Sebelum Membeli Rumah

4 Cara Mendapatkan Uang Muka Sebelum Membeli Rumah

Fakta tingginya keperluan akan rumah, menciptakan aset yang satu ini tak pernah sepi pembeli. Hal tersebut pasti berbanding lurus dengan harganya yang semakin lama semakin melambung tinggi. Rata-rata harga rumah Jakarta timur mempunyai nilai ekonomi yang stabil dan harganya akan naik dari tahun ke tahun. Adalah tepat bila menjadikan aset yang satu ini sebagai opsi investasi jangka panjang, di luar fungsi utamanya sebagai hunian.
Bagi kita yang berniat untuk segera mempunyai rumah, tentunya kini Anda beranggapan keras bagaimana caranya supaya dana cepat terkumpul. Hanya saja, harga lokasi tinggal tidaklah murah, bayangkan harga satu lokasi tinggal saja sekarang dapat dijual dari harga ratusan juta sampai miliaran rupiah. Tak heran andai rumah sering dijadikan sebagai simbol kesuksesan dan kemapanan seseorang. Ditambah lagi dengan luas serta lokasi rumah itu yang turut memengaruhi nilai jual dan prestise si pembeli.
Kecenderungan terjadinya eskalasi harga lokasi tinggal setiap tahunnya tidak jarang kali menjadi tantangan utama untuk sebagian orang untuk dapat mempunyai sebuah rumah. Jika sudah begini, melakuan kredit rumah mungkin bisa menjadi salah satu yang bisa dipertimbangkan.
Sebaiknya mulai kini Anda bersiap-siap menyiapkan dana. Perkuat niat dalam mempunyai rumah di rumah di Jakarta timur dan sembari jalan, mulai siapkan uang mukanya. Berikut ialah beberapa tahapan yang dapat Anda pilih sebagai penyelesaian dalam mempersiapkan uang muka kredit.
1. Menabung dengan Cerdas
Dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi, terutama untuk Anda yang kini memiliki kebiasaan yang buruk dalam menata keuangan. Hitung terlebih dahulu besaran duit muka yang mesti dipenuhi. Dengan begitu, jumlah tabungan per bulan dan jangka waktu untuk menabung tampak jelas. Ketahui dengan jelas kemampuan keuangan kita untuk menyimpan uang setiap bulannya sampai-sampai pos-pos finansial lainnya tidak terganggu. Misalnya dengan menyisihkan uang Rp1.000.000 per bulan, maka Anda dapat mengumpulkan duit muka tersebut sekitar 15 bulan. Langkah ini akan paling efektif untuk Anda lakukan dengan disiplin dan keinginan yang tinggi untuk membeli rumah di rumah di Jakarta timur.
2. Cari Penghasilan Tambahan
Jumlah Rp1 juta per bulan adakalanya masih membebani finansial mengingat sekian banyak kebutuhan lainnya yang juga harus dipenuhi. Jika merasa kendala dalam menyisihkan Rp1 juta per bulannya, menggali penghasilan tambahan ialah solusi yang dapat dipertimbangkan. Ini bakal meringankan beban finansial Anda, bahkan mungkin dapat mempercepat pendataan dana demi uang muka.
3. Manfaatkan Bantuan Uang Muka
Bagi kita yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), program yang satu ini dapat dijadikan sebagai solusi. Secara eksklusif Pemerintah mempunyai layanan bantuan uang muka rumah di Jakarta timur untuk PNS. Hal ini ditangani Badan Pertimbangan Tabungan Rumah-Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS). Bantuan ini diserahkan dalam format sejumlah dana yang pemanfaatannya memang khusus bagi kepentingan duit muka kredit rumah. Besaran dana itu akan dicocokkan dengan kelompok terakhir dari pemohon. Di luar bantuan tersebut, seorang PNS pun berhak mendapatkan fasilitas tambahan dana duit muka dengan tenor tertentu yang lebih menguntungkan. Bantuan ini didapatkan dengan teknik mengajukan langsung pada pihak Bapertarum-PNS atau dengan menghubungi pihak yang mempunyai kerja sama dengan lembaga tersebut.
4. Mengajukan Pinjaman
Ini ialah langkah terakhir yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan, meskipun sangat tidak dianjurkan oleh para berpengalaman keuangan. Mengajukan pinjaman uang sebagai uang muka kredit rumah akan membuat Anda mempunyai dua hutang sekaligus, yaitu hutang angsuran kredit rumah dan hutang angsuran pinjaman tersebut. Hal ini akan paling berisiko untuk keuangan, terutama andai sejumlah hutang itu berada di luar kemampuang keuangan Anda. Pertimbangkan dengan matang dan hitung rasio hutang dengan tepat, sebelum Anda mengajukan pinjaman ini sebagai solusi sebelum membeli rumah di rumah di Jakarta timur.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top