Perawatan Bayi Baru Lahir Sampai dengan Usia 3 Bulan

Perawatan Bayi Baru Lahir Sampai dengan Usia 3 Bulan


Banyak orang tua muda yang belum tahu bagaimana perawatan bayi baru lahir yang baik dan benar. Meski begitu skill merawat baby baru lahir ini bisa dipelajari dan bisa dipraktikkan setiap hari. Skill dalam merawat baby ini tidak datang secara langsung namun perlu dipraktikkan secara berulang-ulang agar bisa melakukan skill tersebut dengan baik dan benar. Kunci untuk melakukan skill tersebut adalah ketenangan dan rileks, jangan menganggap mempelajari skill tersebut adalah sebuah beban, dengan begini moms dan pasangan bisa mempraktekkan skill tersebut dengan rasa tenang dan nyaman. Berikut ini adalah perawatan bayi baru lahir sampai dengan usia 3 bulan yang penting untuk diperhatikan:

Memantau Perkembangan Berat Badan
Hal pertama yang bisa moms lakukan adalah dengan memantau perkembangan berat badan baby. Baby yang sehat dan tercukupi nutrisinya dengan baik akan bertambah berat badannya. Sampai dengan usia 3 bulan baby ini bisa bertambah berat badannya secara drastis maksimal dalam 1 bulan adalah 10 ons dan minimal 2 ons. Berbeda dengan baby yang sudah bisa merangkak atau berjalan dimana pertambahan berat badannya tidak secara drastis karena tingkahnya yang sudah aktif.
Untuk memantau perkembangan berat badan baby dengan maksimal dan mendapatkan pengarahan yang maksimal moms bisa ikut posyandu yang sering diadakan selama satu bulan sekali. Jika baby berat badannya tidak naik secara signifikan selama 3 bulan moms bisa berkonsultasi ke dokter spesialis anak.
Merawat dan Menjaga Kebersihan Tali Pusat
Hal yang penting untuk moms lakukan selanjutnya adalah merawat dan menjaga kebersihan tali pusat. Tali pusat ini penting untuk diperhatikan karena bisa menjadi sumber infeksi jika perawatan yang dilakukan selama ini salah. Baby baru lahir akan memiliki tali pusat yang basah dimana umumnya tali pusat ini akan mengering dan juga terlepas dengan sendirinya ketika usia 7 hari. Menurut medis tali pusat baby ini tidak membutuhkan cairan maupun jamu-jamuan. Justru tali pusat ini harus dijaga agar tetap kering dan juga bersih.
Moms bisa membungkusnya dengan kain kasa yang kering. Saat memakaikan popok pada baby, usahakan tidak menutupi tali pusat agar tidak terkontaminasi dengan urine dan juga feses. Tanda tali pusat mengalami infeksi adalah berbau, bernanah, kemerahan, dan juga nyeri. Baby juga akan terus rewel saat tali pusat mengalami infeksi.
Tidur yang Cukup
Perawatan bayi baru lahir yang bisa moms lakukan selanjutnya adalah usahakan untuk memberikan baby waktu tidur yang cukup. Biasanya baby baru lahir ini akan tidur hingga 20 jam dalam per hari dimana durasinya antara 20 menit sampai dengan 4 jam. Tidurkan baby di alas yang rata dan tidak terlalu lembut, usahakan menjaga kehangatan dan cahaya di dalam ruang tidur baby.
Memandikan Baby
Saat lahir baby tidak perlu dimandikan karena masih memiliki lapisan lemak yang melindungi kulit. Barulah setelah 6 jam baby di lap dengan menggunakan air hangat. Selama tali pusat belum terlepas cukup di usap dengan waslap jangan dimasukkan ke dalam bak mandi.

Demikianlah perawatan bayi baru lahir yang bisa moms dan pasangan lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top