Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Apartemen Untuk Tempat Tinggal

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Apartemen Untuk Tempat Tinggal


Bekerja di Jakarta dan kota kota di sekitarnya nampaknya sampai saat ini masih menjadi favorit bagi sebagian orang. Hal ini bisa kita lihat dari semakin bertambahnya jumlah pendatang yang mencoba mengadu nasib di Jakarta. Banyaknya orang yang datang ke Jakarta untuk mencari pekerjaan ini merupakan hal yang wajar mengingat Jakarta merupakan pusat ekonomi dan pemerintahan di Indonesia, sehingga hampir sebagian kegiatan ekonomi yang ada berpusat di sana. Perusahaan perusahaan nasional maupun internasional termasuk juga start up baik besar maupun kecil juga banyak yang berkantor di Jakarta dan sekitarnya.

Jika kitapun memang memiliki bekal keahlian dan kemampuan yang cukup untuk bekerja atau membuka usaha di Jakarta maka tidak ada salahnya juga jika kita mengadu nasib ke sana. Dan saat kita memutuskan untuk mengadu nasib di Jakarta maka itu artinya kita juga memutuskan untuk bertempat tinggal dalam jangka waktu yang cukup lama di sana.

Cara kita tinggal di Jakarta sendiri juga beragam, kita bisa memutuskan untuk bertempat tinggal dengan cara ngekos, ngontrak sebuah rumah, atau tinggal di apartemen. Tentunya masing masing pilihan tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kita bisa memilih tempat tinggal tersebut sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan finansial yang kita miliki.

Misalnya saja bagi kita yang memiliki budget cukup besar serta menginginkan untuk tinggal di tempat yang aman dan nyaman serta tidak direcoki tetangga maka kita bisa memilih untuk tinggal di apartemen. Untuk bisa tinggal di apartemen ini kita bisa melakukannya dengan cara menyewa apartemen atau jika dirasa budget kita cukup maka kita bisa memilih untuk membeli apartemen tersebut untuk ditinggali sekaligus sebagai investasi.

Akan tetapi tentunya untuk memilih apartemen yang akan kita sewa atau beli ini tidak bisa secara serampangan saja kita lakukan. Agar bisa mendapatkan apartemen yang tepat dengan kebutuhan kita maka ada beberapa hal yang patut untuk kita pertimbangkan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah :

1. Lokasi Apartemen
Memilih lokasi apartemen yang strategis merupakan hal yang penting untuk kita lakukan. Ada baiknya jika kita memilih apartemen yang lokasinya dekat dengan tempat kita bekerja atau membuka usaha. Misalnya saja kita bekerja di Jakarta Timur maka akan lebih baik jika kita memilih Apartemen di Jakarta Timur. Usahakan juga apartemen ini berada di lokasi yang dekat dengan layanan publik macam pusat perbelanjaan, restoran , bank dan lain lain. 

2. Biaya Apartemen
Jika kita berkeinginan untuk menyewa atau membeli sebuah apartemen maka hal yang sangat penting untuk kita lakukan adalah mengetahui berapa besarnya biaya yang diperlukan dan pastikan kita mampu untuk membayarnya. Biaya ini tentunya tak hanya seputar biaya sewa atau beli dari apartemen saja namun termasuk juga biaya lain yang pasti akan kita keluarkan seperti biaya keamanan, perawatan , parkir dan lain sebagainya.

3. Fasilitas Apartemen
Ketahui juga fasilitas apa saja yang ada di apartemen tersebut. Pastikan apartemen yang kita pilih memiliki sejumlah fasilitas penting seperti fasilitas keamanan, Ibadah, parkir, olah raga , kesehatan dan lain sebagainya. Dengan fasilitas yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan maka kita bisa tinggal dengan nyaman di sana.

4. Surat Surat
Pastikan saat kita akan membeli atau menyewa apartemen surat surat maupun sertifikat yang kita dapatkan lengkap. Untuk yang membeli apartemen misalnya pastikan kita mendapat Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS). Sementara yang menyewa pastikan juga surat perjanjian sewa menyewanya jelas. Pastikan juga apartemen yang kita tinggali ini telah mengantongi sertifikat hak guna bangunan serta sudah mendapatkan sertifikat IMB (izin mendirikan bangunan).

5. Jenis dan Ukuran Apartemen
Tentukan jenis apartemen apa yang akan kita sewa. Apakah kita akan memilh aparteman unfurnished, semi furnished maupun full furnished. Sedangkan untuk ukurannya kita bisa memilih apartemen dengan tipe studio 22 m, atau memilh aparteman dengan ukuran 34 m atau lebih.

6. Developer Tempat Menyewa atau Membeli Apartemen
Agar tidak timbul masalah di kemudian hari sebaiknya beli atau sewalah apartemen dari developer yang memililiki rekam jejak bagus di bidangnya.

Nah demikianlah tadi beberapa hal yang perlu untuk kita pertimbangkan sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih apartemen untuk kita tinggali. Adapun untuk memperoleh informasi tentang hal hal di atas baik itu seputar lokasi apartemen, biaya, fasilitas, legalitas tipe aparteme maupun lainnya anda bisa menggunakan traveloka. Dengan aplikasi ini sejumlah kemudahan akan bisa anda dapatkan sehingga Nginep Mana Lagi di Jakarta Timur Bisa Jadi Cerita yang inspiratif dan bermanfaat untuk orang lain yang juga sedang mencari apartemen di tempat yang sama.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top