Sakit Gigi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit Gigi, Penyebab dan Cara Mengatasinya

sakit gigi

Hampir semua orang pernah mengalami sakit gigi. Baik sakit gigi ringan, sampai yang tergolong berat. Bahkan tak jarang sakit gigi bisa menimbulkan demam, meriang dan sakit kepala. Sakit gigi berkepanjangan juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan, sakit gigi bisa memicu rasa ngilu dan nyeri yang luar biasa.

Apa Itu Sakit Gigi?

Sakit gigi merupakan kondisi, dimana timbul rasa nyeri disekitar area rahang dan gigi. Rasa nyeri yang timbul bisa bersifat terus-menerus, atau hilang-timbul.
Pada umumnya, sakit gigi merupakan penyakit pada gusi/gigi. Namun di beberapa kondisi, sakit gigi merupakan tanda dari adanya penyakit tertentu.

Penyebab Sakit Gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah kerusakan gigi. Kerusakan ini biasanya disebabkan sisa makanan yang menempel pada gigi, dan menjadi tempat bakteri berkembang biak. Bakteri tersebut kemudian memproduksi racun, dan menimbulkan plak pada gigi.
Dalam jangka panjang, plak tersebut akan memicu lubang pada gigi.

Selain kerusakan gigi akibat sisa makanan yang menempel, sakit gigi juga bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini.

1. Gigi Sensitif
Gigi sensitif adalah kondisi timbulnya rasa sakit dan ngilu pada gigi. Khususnya ketika mengkonsumsi makanan panas atau dingin. Gigi sensitif juga bisa disebabkan oleh penipisan enamel, atau resesi gusi.

2. Gingivitis
Penumpukan plak dalam gusi, dapat memicu infeksi dan gingivitis. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan benjolan nanah pada gusi (abses), dan timbul rasa sakit serta bau tak sedap.

3. Menggeretakan Gigi
Salah satu kebiasaan buruk yang harus kita hindari adalah menggeretakan gigi. Meskipun terlihat spele, namun kebiasaan ini bisa memicu kerusakan syaraf dan sakit gigi. Jika diteruskan, rasa sakit yang timbul bisa melebar ke area wajah dan rahang.

Cara Mengobati Sakit Gigi
Untuk mendapatkan solusi terbaik seputar sakit yang anda alami, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi. Namun biasanya, dokter gigi tidak akan melakukan pemeriksaan jika gigi anda masih sakit. Untuk meredakan sakit gigi, anda bisa mencoba tips berikut ini.

1. Es Batu

Sama dengan gusi bengkak, es batu juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Sensasi dingin dari es batu bisa membuat syaraf kebas, dan tidak terasa ngilu. Cukup masukan es batu kedalam plastik, lalu tempelkan pada permukaan gigi. Selain itu, anda juga bisa memijat area tangan (antara telunjuk dan ibu jari), dengan es batu.
Karena pada area ini, ada syaraf yang sensitif terhadap rasa dingin. Hal tersebut bisa membantu mengurangi rasa sakit gigi.

2. Berkumur Dengan Air Garam

Cara selanjutnya yang bisa anda coba adalah berkumur dengan air garam. Sifat garam yang menyerap air, akan membantu mengurangi dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, garam juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan akibat infeksi.
Cukup dengan melarutkan 1/2 sdt garam ke dalam 1 gelas air hangat. Kumur-kumur selama beberapa saat.

3. Mengunyah Bawang

Bawang memiliki zat antiseptik yang bisa membunuh kuman dan bakteri. Bawang juga bisa membantu mengendalikan rasa nyeri akibat sakit gigi.
Untuk mengobati sakit gigi dengan bawang, cukup kunyah bawang mentah di area yang sakit. Namun, cara ini hanya untuk sakit gigi yang tidak terlalu parah.

Cara Mencegah Sakit Gigi
Sakit gigi dapat dicegah dengan melakukan kebiasaan baik seperti menggosok gigi secara teratur, mengurangi makan makanan yang mengandung gula, dan sebagainya.
Demikian postingan mengenai Sakit Gigi, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top