Kerusakan pada Roller Bearings Yang Perlu anda Pahami

Kerusakan pada Roller Bearings Yang Perlu anda Pahami


Roller bearings merupakan salah satu jenis bearing yang biasanya dimanfaatkan pada mesin-mesin. Keberadaan bearings yang satu ini memang cukup penting karena bisa membantu kinerja mesin yang lainnya. Bearing yang satu ini menggunakan roll sebagai tumpuannya. Selain itu biasanya juga diperuntukkan untuk beban berat.
Jenis bearings yang satu ini ternyata juga masih dibagi menjadi beberapa jenis seperti cylindrical roller bearings, tapered roller bearing, needle bearing dan lainnya. Setiap bearing ternyata juga mempunyai fungsi dan kinerja yang berbeda.
Kerusakan pada roller bearings
Setelah mengetahui informasi sebelumnya, anda juga harus mengetahui apabila bearing yang terdapat pada mesin tersebut juga tidak luput dari kerusakan. Apabila bearings tersebut mendapatkan kerusakan tentu akan mempengaruhi bagaimana kinerja dari mesin-mesin yang lainnya. Itulah mengapa pentingnya untuk mengetahui apa saja penyebab dari kerukan pada roller bearing yang wajib anda ketahui
1. Pemasangan yang kurang pas dan benar
Penyebab pertama mengapa bearing sering mengalami kerukan sangat berhubungan erat dengan pemasangan yang dilakukan. Biasanya kesalahan dalam pemasangan ini disebabkan karena tidak tersedianya peralatan kerja yang memadai dan mendukung proses pemasangan. Hal ini pun bisa mengakibatkan roller bearing menjadi cepat rusak. Itulah mengapa sebelum melakukan pemasangan, anda harus memastikan apabila peralatan yang digunakan sudah benar.  
2. Terkontaminasi
Adapun penyebab lainnya mengapa bearings cepat rusak adalah komponen yang terkontaminasi oleh debu, kotoran hingga partikel-partikel kecil yang lainnya. Perlu anda ketahui apabila bearing yang sudah terkontaminasi tersebut akan menyebabkan performa dari bearings semakin buruk.
3. Adanya kelelahan produk
Penyebab berikutnya yang mampu merusak bearing dengan cepat adalah karena produk tersebut sudah kelelahan. Mesin yang beroperasi dalam waktu yang lama tentu akan semakin memperpendek umur atau usia bukan? Inilah mengapa pentingnya untuk lebih mengatur bagaimana penggunaan mesin. Jika dibutuhkan anda bisa memanfaatkan alat monitoring untuk menjaga bearings yang terdapat didalam mesin.
4. Pelumasan yang tidak tepat
Umumnya, memang ada beberapa kondisi dimana akan menyebabkan bearings menjadi rusak lebih cepat. Penyebab yang selanjutnya adalah karena bearings kurang mendapatkan pelumasan yang tepat. Anda mungkin terbiasanya memberikan pelumas yang tidak tepat untuk jenis bearings yang anda pilih bahkan mutu dari pelumas tersebut juga kurang baik. Inilah mengapa anda memang wajib untuk selektif dalam membeli pelumas bearings
Demikian beberapa penyebab mengapa roller bearing menjadi cepat rusak. Tak hanya itu saja, bagi anda yang sedang mencari bearing yang tepat termasuk roller bearing, anda memang wajib selektif dalam memilih penjual, Jangan sampai anda memilih penjual secara asal tanpa mengetahui bagaimana reputasi penjual.
Buat anda yang sedang mencari roller bearing yang sesuai dengan kebutuhan anda, maka anda bisa langsung mengunjungi logam-makmur.com.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top