Mau Mudik Menggunakan Bus ? Perhatikanlah Hal Hal Berikut Ini

Mau Mudik Menggunakan Bus ? Perhatikanlah Hal Hal Berikut Ini

PO. Indonesia Cross town in province bus (1)

Tidak terasa satu bulan ke depan kita sudah memasuki bulan puasa dan kemudian idul fitri. Bagi sebagian orang terutama yang merantau ke daerah lain bulan puasa merupakan salah satu bulan yang cukp sibuk. Selain menjalankan ibadah sebagian besar diantara mereka memeprsiapkan diri untuk mudik ke kampung halamannya. Di Indonesia mudik menjelang lebaran memang sudah menjadi tradisi rutin tiap tahunnya.

Karena mudik merupakan hal yang sudah menjadi tradisi tiap tahun maka tidak mengherankan jika sebagian dari para perantau ini menyiapkan perjalanan mudiknya dengan sebaik mungkin. Persiapan ini meliputi berbagai hal misalnya saja soal kendaraan apa yang akan digunakan untuk keperluan pulang ke kampung halaman nantinya. Untuk orang orang yang mudiknya jauh ke luar pulau tentu peswat atau kapal laut menjadi pilihan utama. Sedangkan untuk yang kampung halamannya masih bisa dijangkau dengan sarana angkutan darat maka terdapat lebih banyak alternatif, baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan kendaraan umum seperti kereta api maupun bus.

Jika kita termasuk yang akan melakukan mudik menggunakan jalur darat sementra kita tidak memiliki kendaraan pribadi maka pilihan kita tinggal menggunakan kereta api atau bus. Menggunakan kereta api sebagai sarana mudik mungkin saja akan lebih cepat karena jalur kereta api tidak mengalami kemacetan seperti bus yang melintasi jalan raya. Tapi masalahnya tak semua daerah tujuan mudik dapat dijangkau oleh kereta api, atau kalaupun daerah tujuan mudik kita terjangkau kereta api tidak ada jaminan juga kita akan kebagian tiket kereta karena seperti yang kita ketahui tiket kereta api biasanya udah dijual sejak 90 hari sebelum keberangkatan dan dalam waktu beberapa jam saja tiket tersebut akan ludes terbeli.

Jika hal di atas yang terjadi maka menggunakan bus sebagai sarana mudik merupakan alternatif tepat yang bisa kita pilih. Karena meskipun mudik menggunakan bus relatif tidak secepat menggunakan kereta api namun mudik menggunaan bus memiliki kelebihan yang tidak dimiliki kereta api. Misalnya saja saat menggunakan bus kita bisa turun di mana saja asal masih sejalur dengan rute bus tersebut semantara saat kita menggunakan kereta api kita hanya bisa turun di stasiun yang bisa jjadi jaraknya jauh dari tempat tinggal kita. Kelebihan lainnya yakni bisanya bus akan berhenti untuk beristirahat dalam waktu tertenu, dan tentu saja waktu tersebut bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan seperti sholat, makan dan lain sebagainya.

Kalau akhirnya kita memutuskan mudik menggunakan bus maka paling tidak ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar perjalanan mudik kita menggunakan bus menjadi nyaman. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

PO yang Dipakai
Memilih PO atau perusahaan otobus yang akan dipakai merupakan salah satu hal krusial yang perlu kita lakukan. Untuk memilih PO yang tepat tentunya kita bisa melihat reputasi mereka apakah baik atau tidak? bagaimana kebiasaan sopirnya apakah ugal ugalan atau tida dan lain sebagainya. Jika kita sudah rutin menggunakan bus untuk mudik tiap tahunnya kita tentunya sudah paham PO apa yang kita pilih, namun jika mudik ini adalah mudik pertama kita menggunakan bus maka bertanyalah kepada orang orang yang telah berpengalaman dan mudik searah dengan tujuan kita. 
Hal Lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan PO yang akan dipakai adalah rute atau trayek dari bus tersebut. Kita tentunya harus tahu rute dari bus yang akan kita pilih apakah melewati tujuan kita atau tidak. Untuk mengetahui rute dari tiap bus ini cukup mudah apalagi di era internet seperti sekarang ini. Kita bisa melihat rute dari berbagai bis ini secara online. Misalnya saja anda bisa mendapatkan informasi rute bus BEJEU disini.

Pilihan Kelas Bus yang Dipakai
Sama seprti jenis kendaraan umum lainnya, pada bus pun ada pembagian kelas kelasnya. Apakah anda akan menggunakan bus ekonomi, ekonomi ac, patas, atau eksekutif maupun yang lainnya bisa nada tentukan sendiri sesuai dengan budget dan kebutuhan serta ketersedian dari bus tersebut. Tentunya semakin tinggi kelas dari bus akan lebih mahal yang harus kita bayar dan fasilitasnya relatif lebih nyaman,

Waktu Mudik
Dalam penentuan waktu mudik ini perlu memeprhatikan berbagai hal. Jika kita memutuaskan untuk mudik 2 atau 3 hari sebelum lebaran menggunakan bus maka kita harus bersiap siap mengahadapi kemacetan yang biasanya cukup padat. Jadi jika kita menginginkan mudik dengan bus dan dalam kondisi yang cukup lancar maka memilih waktu yang agak jauh dari lebaran bisa kita pilih atau bisa saja kita memilih mudik ketika H+1 lebaran atau setelahnya yang biasanya jalanan arus mudik sudah cukup lancar. Dalam penentuan waktu ini kita juga bisa menentukan apkah akan mudik di waktusiang atau malam. Dan karena kita sedang menjalankan ibadah puasa jika tidak ingin ibadah puasa kita terganggu laka memilih mudik di malam hari adalah pilihan yang tepat. Terlebih lagi saat kita mudik menggunakan bus di malam hari kita bisa beristirahat di dalam bus dnegan lebih baik.

Barang yang Akan Dibawa
Persiapkanlah barang barang yang akan dibawa mudik jauh jauh hari sebelum mudik dilakukan. Yang perlu diingat karena biasanya kapasitas dari bagasi bus itu terbatas maka hendaknya janganlah membawa barang terlalu banyak ketika mudik menggunakan bus.

Cara Pemesanan Tiket
Pastikan saat menggunakan bus untuk mudik kita memesan tiket di tempat yang resmi entah itu di agen agen bus yang dimaksud atau membeli secara online di tempat yang resmi. Jangan sampai kita membeli tiket dari calo, karena selain harganya yang jauh lebih mahal bisa saja keaslian dari tiket yang dibeli meragukan.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top