Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti Spare Part Motor

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti Spare Part Motor

spare part motor
Salah satu masalah yang sering terjadi pada sebuah kendaraan seperti sepeda motor maupun mobil adalah terjadinya kerusakan pada spare partnya. Baik itu spare part motor maupun yang lainnya tentu saja akan mengalami kerusakan setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu. Kerusakan ini bisa berupa kerusakan yang sifatnya kecil dan  masih memungkinkan untuk diperbaiki dan bisa juga kerusakan yang terjadi pada spare part motor adalah kerusakan yang cukup berat yang memaksa kita mau tidak mau harus mengganti spare part tersebut dengan spare part yang baru. Karena jika tidak diganti bisa saja kerusakan yang terjadi akan merembet ke bagian bagian lain dari motor. Misalnya saja kerusakan yang terjadi pada bagian kelistrikan bisa saja jika didiamkan saja akan merembet ke bagian lampu atau ke bagia motor lainnya.

Namun tentunya saat kita akan mengganti sparepart ini tidak bisa dilakukan secara asalan saja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar nantinya spare part motor yang diganti ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Spek dari spare part, saat kita akan mengganti sebuah spare part pada motor maka sebaiknya gantilah dengan spare part yang memiliki spek sama atau paling tidak yang kompatibel. Misalnya saja kita akan mengganti aki pada sepeda motor dengan kapasitas 5 AH dan tegangan atau voltase 12 volt maka jika akan menggantinya hendaknya dengan aki yang sama baik merk amupun speknya. Dan kalaupun sudah tidak ada merk yang sama maka pastikan aki pengganti memiliki tegangan yang sama yakni 12 volt, sedangkan untuk kapasitasnya akan lebih baik jika sama  atau lebih besar.
  • Keaslian dari spare part, Meskipun seperti yang kita ketahui harga dari spare part ori biasanya relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan spare part kw akan tetapi tentunya barang asli memiliki kualitas yang lebih baik. Terlebih lagi jika kita menggunakan barang kw atau tiruan maka bisa saja pada motor yang diganti spare partnya bukannya berfungsi lebih baik malah justru timbul kerusakan yang lebih parah. Sebagai contoh jika kita mengganti bagian kelistrikan pada motor katakanlah kabelnya, jika kita menggunakan yang asal aslaan bisa jadi kabel itu dalam waktu tak lama akan mengelupas dan bisa menimbulkan arus pendek yang tentunya cukup berbahaya baik itu untuk sepeda motor maupun untuk pengendaranya sendiri.
  • Tempat membeli spare part, untuk mendapatkan spare part yang asli seperti di atas maka salah satu hal yang perlu kita perhatikan adalah di mana tempat kita membelinya. Kita bisa membeli sapre part spare part asli ini di toko toko yang terpercaya di skitar kita. Atau kalau di sekitar kita tida ada yang menjualnya kita bisa membeli spare part sepeda motor tersebut secara online. Beberapa pabrikan sepeda motor seperti yamaha telah menyediakan penjualn spare part sepeda motornya secara online sejak beberapa tahun terakhir ini.
  • Pemasangan spare part, untuk  beberapa spare part yang bisa dengan mudah kita pasang sendiri tentunya tidak masalah jika kita memasangnya sendiri. Namun untuk beberapa jenis spare part yang sulit jika kita memasangnya sendiri maka sebaiknya serahkanlah pada yang lebih ahli. Kita bisa membawa sepeda motor yang akan diganti spare partnya tersebut ke bengkel resmi dari pabrikan motor yang ada.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top