Zat Besi Penting untuk Tubuh, Lalu Bagaimana Jika Berlebihan? Berikut Resiko Komplikasinya

Zat Besi Penting untuk Tubuh, Lalu Bagaimana Jika Berlebihan? Berikut Resiko Komplikasinya

Zat besi memang dikenal sebagai mineral penting bagi tubuh manusia, umumnya makanan seperti daging, telur dan juga ikan kaya akan kandungan senyawa tersebut sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi, apalagi bagi wanita yang sedang hamil. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia ini tentunya bukan sebuah rahasia lagi, bahan utama dalam pembentukan sel darah merah. Ketika sel-sel darah merah yang ada dalam tubuh kurang, maka hal tersebut dapat memicu beragam kondisi, layaknya tubuh lemas, jantung berdebar-debar hingga pusing.

Lalu bagaimana jika seandainya kondisi sebaliknya, yaitu tubuh mengalami kelebihan zat besi apakah tetap aman? Kelebihan zat besi di dalam tubuh ternyata juga berbahaya. Hal ini juga akan memicu beberapa gejala yang mirip, seperti diantaranya adalah kelelahan, sakit pada perut, nyeri sendi, lemah dan lesu hingga masalah pada organ hati. Berikut ini juga ada beberapa resiko komplikasi yang mungkin terjadi ketika tubuh kelebihan mineral zat besi, diantaranya adalah:

1. Sirosis, yaitu tubuh nantinya akan membentuk sebuah jaringan parut permanen pada organ hati, hal tersebut yang akan meningkatkan resiko terkena kanker hati.

2. Diabetes, penyakit yang satu ini juga sangat mungkin mengalami komplikasi jika seandainya zat besi di dalam tubuh terlalu berlebih, misalnya adalah kegagalan ginjal, buta hingga masalah yang terjadi pada jantung.

3. Aritmia, aritmia adalah sebuah kondisi dimana irama jantung menjadi tidak teratur, kadang berdebar terlalu keras, namun juga bisa jadi menjadi lambat.

4. Masalah yang terjadi pada sistem endokrin atau hormonan, misalnya adalah hipertiroidisme hingga hipogonadisme.

5. Masalah pada organ reproduksi, pada wanita hal ini akan membuatnya kekurangan atau bahkan kehilangan gairah seksual, sedangkan pada pria sendiri memungkinkan terjadinya impotensi.

Karena memang pada dasarnya zat besi sudah didapatkan dari sumber makanan yang dikonsumsi sehari-hari, maka jika ingin mengkonsumsi suplemen pendukungnya lakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter agar tidak berlebihan, meskipun pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia namun yang berlebihan juga kurang baik.





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top