Solusi Kelistrikan Pada Sebuah Industri

Solusi Kelistrikan Pada Sebuah Industri

ZS Lasten 01 klein
salah satu solusi listrik untuk industri terbaik adalah dengan menggunakan genset. Mungkin Anda juga pernah penasaran, bagaimana seorang produsen genset bisa yakin bahwa hasil dari genset tersebut benar-benar dapat menanggung beban sebagaimana diiklankan? Atau jika Anda mau membeli genset bekas dari Semarang, bagaimana jika Anda bisa yakin genset tersebut mampu menanggung beban listrik di pabrik Anda yang di Surabaya? Seorang pemilik genset juga seharusnya bertanya, bagaimana dia bisa yakin bahwa gensetnya masih dalam kondisi prima, bisa mengatasi besaran dan karakter beban di pabriknya jika listrik padam nanti? Selain genset, UPS ini juga sangat membutuhkan pengujian dengan menggunakan Load Bank, khususnya UPS dengan kapasitas yang sangat besar.
Lantas bagaimana caranya? Ternyata ada juga alat untuk menguji ketahanan serta kapasitas genset itu sendiri. Istilah yang sangat sering dipakainya adalah Dummy Load, atau biasa disebut dengan Load Bank. Sama seperti halnya barbel yang ada di pusat kebugaran kita, Load Bank ini bukan beban yang sangat nyata, tapi bisa digunakan untuk menyimulasikan beban nyata untuk menguji apakah sebuah genset di dalam kondisi prima.

Cara Kerja Load Bank

Load Bank menyimulasikan beban nyata dengan menggunakan komponen pengkonversi energi listrik menjadi  energi panas. Listrik yang masuk ke Load Bank ini tidak dipakai untuk pekerjaan yang nyata apapun kecuali menghasilkan panas. Biasanya, agar pemanas tersebut tidak overheating, sebagian kecil listrik juga dipakai untuk memutar kipas untuk mendinginkan panas yang dihasilkan oleh semua heater itu. Ada pula bentuk load bank yang lebih sederhana lagi, yang menggunakan air bercampur dengan garam. Listrik dari genset dimasukkan ke dalam air garam. Listrik akan mengalir melalui air dan memanaskannya.

Alat ini sangat sederhana, dan bisa dibuat dengan sangat mudah. Cukup gunakan drum kosong, isi dengan air hingga ketinggian 70%, campurkan garam secukupnya, lalu alirkan listrik tiap fasa dari generator ke dalam air melalui Bus Bar tembaga. Semakin banyak luas penampang busbar yang masuk ke dalam air, semakin besar pula beban yang ditanggung genset. Akan tetapi masih ada kelemahan Load Bank air garam, salah satunya adalah gelembung - gelembung udara yang muncul ketika air mulai mendidih. Gelembung-gelembung ini mengganggu transfer listrik, sehingga simulasi beban load bank ini menjadi tidak bisa terkendali dengan baik.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top