Pentingnya Dukungan Pertumbuhan dan Perkembangan Buah Hati Tiap Waktu

Pentingnya Dukungan Pertumbuhan dan Perkembangan Buah Hati Tiap Waktu


Pada masa ini pertumbuhan fisik anak relatif lebih pelan daripada masa bayi tetapi perkembangan motoriknya berjalan lebih cepat. Anak sering mengalami penurunan nafsu makan sehingga tampak langsing dan berotot, dan anak mulai belajar jalan. Pada mulanya, anak berdiri tegak dan kaku, kemudian berjalan dengan berpegangan. Sekitar usia enambelas bulan, anak mulai belajar berlari dan menaiki tangga, tetapi masih kelihatan kaku. Oleh karena itu, anak perlu diawasi karena dalam beraktivitas, anak tidak memperhatikan bahaya.

Perhatian anak terhadap lingkungan menjadi lebih besar dibanding masa sebelumnya yang lebih banyak berinteraksi dengan keluarganya. Anak lebih banyak menyelidiki benda di sekitarnya dan meniru apa yang diperbuat orang. Mungkin ia akan mengaduk-aduk tempat sampah, laci, lemari pakaian, membongkar mainan, dan lain-lain. Membuat Anda harus memberikan perhatian ektra pada kebersihan dirinya dengan menggunakan sabun mandi cair bayi. Benda-benda yang membahayakan hendaknya disimpan di tempat yang lebih aman. Anak juga dapat menunjuk beberapa bagian tubuhnya, menyusun dua kata dan mengulang kata-kata baru.

Pada masa ini, anak bersifat egosentris yaitu mempunyai sifat keakuan yang kuat sehingga segala sesuatu yang disukainya dianggap miliknya. Bila anak menginginkan mainan kepunyaan temannya, sering ia akan merebutnya karena dianggap miliknya. Teman dianggap sebagai benda mati yang dapat dipukul, dicubit atau ditarik rambutnya apabila menjengkelkan hatinya. Anak kadang-kadang juga berperilaku menolak apa saja yang akan dilakukan terhadap dirinya (self defense), misalnya menolak mengenakan baju yang sudah disediakan orang tuanya dan akan memilih sendiri pakaian yang disukainya.

Mungkin juga sang buah hati akan menolak beberapa jenis makanann yang Anda tawarkan. Jangan mudah menyerah akan hal itu, seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, makanan sangat berperan penting untuk memenuhi gizi harian dari sang anak. Pastikan pula kebersihan dari alat makan anak Anda terjamin dengan menggunakan sabun cuci food grade yang aman untuk berbagai jenis alat makan seperti yang tertera dalam link berikut https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/mengapa-bunda-harus-menggunakan-sabun-cuci-food-grade-untuk-perlengkapan-makan-bayi.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top