Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mempromosikan Bisnis Anda Secara Offline

Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mempromosikan Bisnis Anda Secara Offline


Salah satu hal penting yang perlu kita lakukan agar bisnis atau usaha yang kita kelola berkembang adalah melakukan promosi. Dengan promosi yang kita lakukan ini diharapkan agar orang orang menjadi tahu dan kenal dengan apa yang kita tawarkan. Untuk saat ini secara garis besar sarana promosi ini bisa dibagi menjadi 2 yakni secara online maupun online. Mengingat saat ini bisa dibilang sudah memasuki era digital maka promosi secara online lebih sering orang pakai karena sifatnya yang praktis dan cepat tersebar luas. Namun meski demikian sarana promosi secara offline pun ternyata masih perlu juga kita perhatikan. Hal ini karena masih terdapat cukup banyak orang yang buta internet atau kalaupun bisa mengakses internet mereka hanya menggunakannya secara terbatas. Dan di sisi lain ada beberapa ceruk pasar offline yang masih bisa kita gali dan kembangkan agar menambah potensi pelanggan yang kita punya.

Untuk cara berpromosi secara offline ini sebenarnya sangat banyak metode yang dipakai. Baik itu yang sifatnya gratis, berbiaya murah hingga yang berbiaya super mahal. Tentu saja semua kita sesuaikan dengan budget dan target yang kita punya dari promosi tersebut. Jika kita memang mempunyai budget yang terbatas maka di bawah ini adalah beberapa metode promosi bisnis secara offline yang bisa kita pakai :

  • Memasang iklan di media cetak, meskipun saat ini jumlah orang yang membaca media cetak seperti koran, majalah dan tabloid sudah menurun cukup drastis akan tetapi masih cukup berpotensi untuk mendatangkan pengunjung ke bisnis kita. Hal ini terutama untuk media media cetak lokal yang memang menargetkan ruang lingkup kecil ataupun media cetak yang membahas hal hal khusus. Bukti masih cukup bergunanya memasang iklan di media cetak ini bisa kita lihat dari masih banyaknya orang yang memasang iklan baris di koran koran. Untuk saat ini biaya beriklan di surat kabar ini bisa dibilang masih cukup terjangkau, apalagi jika kita memasang iklannya di segmen iklan baris.

  • Memasang Iklan melalui Radio, meski sudah banyak media online yang menggantikan peran radio, namun pecinta ataupun pendengar radio di Indonesia ini bisa dibilang masih cukup banyak. Sehingga jika kita menargetkan promosi untuk wilayah tertentu maka memasang iklamn di radio yang berada di daerah tersebut adalah pilihan yang tepat. Tentu saja produk atau jasa yang diiklankan melalui radio ini haruslah produk atau jasa yang memang cocok diiklankan hanya dengan suara saja.

  • Membagikan Kartu Nama, Metode promosi ini selain bisa memperkenalkan bisnis kita juga bisa menambah relasi yang kita punyai. Dengan kartu nama ini orang akan menjadi lebih tahu siapa kita dan usaha atau bisnis apa yang kita jalani. Tentu saja untuk berpromosi menggunakan kartu nama harus memperhatikan beberapa hal penting. Salah satunya menyangkut desain dari kartu nama tersebut. Pilihlah desain kartu nama yang memang tepat untuk berpromosi seperti menggunakan pilihan warna yang tepat baik itu untuk warna dasar dari kartu nama maupun warna font dari kartu nama tersebut. Demikian juga jenis font dari kartu nama sebaiknya menggunakan font font yang mudah terbaca. Pastikan juga kartu nama yang kita buat ini menyertakan informasi penting yang perlu diketahui orang orang tentang kita maupun usaha kita. Untuk membuat kartu nama dengan desain yang sesuai ini sebaiknya menggunakan jasa cetak yang memang sudah berpengalaman di bidangnya seperti gogoprint misalnya.

  • Membagikan brosur atau selebaran, Untuk metode yang satu ini sampai sekarang ini juga masih sering digunakan. Mungkin saja anda sering melihat orang yang membagikan pamflet di tempat tem[at ramai tertentu. Sebagai contoh di pusat perbelanjaan atau ada juga beberapa layanan bimbingan belajar yang sering mebagikan pamflet mereka di depan sekolah sekolah.

  • Mengirimkan Kartu Pos dan Ucapan, Untuk cara promosi kali ini biasanya dilakukan bukan untuk mendapatkan pelanggan baru akan tetapi digunakan untuk menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada sebelumnya. Seperti yang kita ketahui sejak dahulu orang orang seringkali mengirimkan kartu pos maupun ucapan di hari hari tertentu seperti hari raya. Pengiriman kartu ini seringkali dimaksudkan ntk mempererat hubungan dengan pelanggan sehingga pelanggan tetap setia. Meski saat ini sudah memasuki era digial di mana ucapan yang dikirimkan bisa melaui medos akan tetapi pengiriman kartu ucapan ataupun kartu pos dalam bentuk fisik tentunya akan memiliki makna yang berbeda.

Nah demikianlah tadi beberapa cara atau metode yang bisa anda pakai untuk mempromosikan bisnis anda secara offline dengan biaya yang relatif terjangkau. Sebenarnya masih ada cukup banyak cara lain untuk promosi offline ini seperti misalnya membuat suatu event khusus, ataupun memasang iklan di televisi serta yang sejenisnya. Namun hal ini tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar dan belum tentu cocok dengan usaha anda.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top