Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini Sebelum Mengganti Ban Sepeda Motor

Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini Sebelum Mengganti Ban Sepeda Motor

ban sepeda motor

Ban merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah kendaraan bermotor baik itu mobil maupun sepeda motor. Pada sebuah sepeda motor selain berfungsi sebagai penopang berat kendaraan, ban juga mempunyai fungsi lain. Misalnya sebagai penjaga kestabilan laju kendaraan dan juga untuk mengontrol traksi dan arah kendaraan serta pengontrol sistem suspensi. Fungsi lainnya lagi dari ban adalah untuk mengurangi timbulnya getaran pada saat sepeda  motor bekerja.
Pentingnya fungsi ban ini membuat keberadaan ban pada sebuah sepeda motor harus benar-benar dalam kondisi yang bagus, karena ban yang kondisinya tidak bagus dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengendara sepeda motor. Bahkan tidak jarang timbul kecelakaan karena adanya gangguan pada ban sepeda motor. Tentunya kita pernah mendengar adanya sepeda motor yang mengalami kecelakaan cukup fatal hanya karena salah satu ban pada sepeda motor tersebut meletus.
Jika kita tidak ingin mengalami hal yang serupa maka alangkah lebih baiknya jika kita mengecek ban sepeda motor kita secara rutin agar jika ada gangguan, seperti ban kempes, maka bisa segera diatasi. Bisa dengan melakukan penambalan dan pemompaan jika kondisi ban masih memungkinkan untuk ditambal.  Namun jika kondisi dari ban sepeda motor sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditambal maka pilihan terbaiknya adalah mengganti ban sepeda motor yang rusak tersebut dengan ban yang baru.
Untuk mengganti ban sepeda motor kita yang rusak dengan ban sepeda motor baru sebenarnya merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Jika kita sudah cukup ahli, maka mengganti ban bisa kita lakukan sendiri dan memakan waktu tidak terlalu lama. Tentunya, akan sangat baik jika alat-alat yang diperlukan komplit.
Jika kita belum terlalu ahli namun ingin mengganti sendiri ban sepeda motor milik kita maka terlebih dahulu kita harus mengetahui seputar seluk beluk ban sepeda motor yang kita pakai. Nah, hal-hal yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut:
Jenis Ban sepeda motor yang Akan Diganti

Sebelum kita mengganti ban sepeda motor, maka terlebih dahulu kita mengetahui jenis ban apa yang dipakai pada sepeda motor kita. Sehingga nantinya kita bisa mengganti ban dengan tipe ban yang sama. Untuk jenis ban sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa macam. Jenis ban yang ada tersebut adalah sebagai berikut:
- Jenis ban berdasar konstruksinya dibagi menjadi 2 macam yaitu ban biasa dan ban radial. Ban bias adalah ban yang memiliki thread yang dibuat dengan susunan dua atau lebih benang yang melingkar dari bead ke bead dengan membentuk sudut 40 derajat hingga 65 derajat dan menggunakan serat nilon. Sedangkan ban radial sendiri adalah ban yang memiliki konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkaran ban dengan menggunakan serat baja.
- Sedangkan berdasarkan ada tidaknya ban dalam maka ban dibagi menjadi ban biasa yang menggunakan ban dalam dan tubeless yang tidak menggunakan ban dalam.
Semua jenis ban tersebut biasanya bisa kita dapatkan dengan mudah di lingkungan sekitar kita atau jika tidak ada kita bisa membelinya secara online seperti lewat Shopee contohnya.
Ukuran Ban yang Akan Diganti
Antara satu motor dengan motor yang lain memiliki ukuran ban yang berbeda maka sebelum kita mengganti ban pada sepeda motor kita selain harus mengetahui tipe dan ban yang dipakai juga harus mengetahui ukuran yang dipakai pada ban sepeda motor kita.

Prosedur Penggantian Ban
Jika kita sudah membeli ban pengganti yang sesuai baik dari segi tipe ban maupun ukuran maka kita sudah bisa melakukan pergantian sendiri. Tentu saja sebelumnya kita sudah harus tahu prosedur atau langkah langkah yang harus dilakukan saat penggantian ban beserta alat alat apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mengganti ban.  Untuk alat alat yang dipergunakan dalam penggantian ban sepeda motor diantaranya adalah kunci ring dengan berbagai ukuran (2, 14, 17, 19 atau 22) , sendok ban, kunci pentil, pompa angin dan tang. Sedangkan, untuk cara mengganti bannya sendiri anda bisa melihatnya lewat berbagai tutorial yang ada di Internet seperti lewat YouTube dan sebagainya.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top