Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mudik Lebaran

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mudik Lebaran

Gambir Station Platform 2



Idul Fitri atau lebaran merupakan hari raya umat islam di seluruh dunia. Dan karena Indonesia merupakan negeri dengan jumlah penduduk muslim terbesar maka idul fitri ini menjadi hari raya terbesar yang ada di Indonesia. Berbagai persiapan yang sudah menjadi rutinitas untuk menyambut lebaran ini bahkan sudah jauh jauh hari dilakukan sebelum hari H.

Salah satu rutinitas yang selalu dilakukan orang orang saat menjelang lebaran adalah mudik. Dan pada lebaran 2019 yang jatuh pada awal bulan juni nanti diperkirakan arus mudik pun akan tetap padat seperti tahun tahus sebelumnya. Apalagi saat lebaran 2019 nanti waktunya hampir  bersamaan dengan liburan anak anak sekolah.

Jika kitapun tahun depan juga berencana untuk pulang ke kampung halaman saat lebaran maka atidak ada salahnya jika kita mulai mempersiapkannya dari sekarang. Dengan mempersiapkan sejak jauh jauh hari ini maka diharapkan mudik nanti kita bisa menjalaninya dengan lancar. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan ini misalnya saja adalah sebagai berikut :

Persiapan biaya
Mudik biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar terlebih lagi jika kampung halaman kita jauh dari tempat kita merantau. Biaya ini tak sekedar biaya transportasi saja namun termasuk juga biaya lain lainnya. Karena mahalnya biaya ini maka ada baiknya jika kita mulai mempersiapkan diri sejal jauh jauh hari dengan menyisihkan sebagian penghasilan yang kita punya untuk biaya mudik nantinya.

Menentukan kapan waktu keberangkatan mudik

Untuk menentukan waktu berangkat mudk ini maka kita bisa melihat jadwal kapan kita mulai libur. Atau jika kita akan mudik bersama keluarga kita maka kita bisa menentukan waktu mudik dengan melihat siapa diantara anggota keluarga yang mendapat waktu liburan terakhir.

Menentukan jenis kendaraan yang akan dipakai untuk mudik

Jauh jauh hari sebelum mudik kita harus menentukan akan menggunakan kendaraan apa saat mudik nanti. Bagi yang kampung halamannya berada di lura pulau maka kita bisa memilih akan menggunakan pesawat ataukah akan menggunakan kapal laut. Sedangkan yang masih dalam lingkup satu pulau maka pilihannya jauh lebih banyak kita bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum seperti bus, kereta api dan lain sebagainya. 

Tentunya jika kita khawatir kehabisan tiket maka jauh jauh hari sebelum waktu mudik kita harus sudah pesan tiketnya. Misalnya saja jika kita akan mudik menggunakan kereta api maka 90 hari sebelum keberangkatan kita sudah bisa memesan tiketnya. Jadi untuk mudik lebaran 2019 nanti tiket kereta sudah bisa mulai kita pesan pada bulan maret. dan untuk pemesanan tiket kereta api ini kita bisa melakukannya dengan berbagai cara baik secara online maupun offline. Untuk sibuk sehari harinya maka melakukan pemesanan tiket online menggunakan traveloka adalah pilihan yang tepat. Hak yang sama juga bisa anda lakukan untuk pemesanan tiket lainnya seperti tiket pesawat dan tiket dari beberapa bus yang sudah melayani penjualan secara online.

Demikian juga jika kita akan mudik menggunakan kendaraan pribadi maka kita harus mempersiapkan kondisi kendaraan kita sebaik mungkin baik dari kondisi fisik maupun dari surat surat kendaraan. 

Mempersiapkan Barang yang Perlu Dibawa

Catat Barang yang Perlu di Bawa, meskipun mudik masih cukup lama namun tidak ada salahnya jika kita sudah merencanakan barang barang apa yang perlu kita bawa. Sehingga saat waktunya mudik nanti tidak tertinggal.

Nah demikianlah tadi beberapa persiapan mudik yang perlu anda lakukan sehingga mudik anda akan lebbih nyaman dan menyenangkan.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top