Review Perusahaan Logistik Sera Astra

Review Perusahaan Logistik Sera Astra


Sera Astra adalah sebuah perusahaan logistik yang perusahaan induknya berdiri sejak tahun 1986, baru kemudian merubah namanya pada tahun 1990 menjadi PT Serasi Auto Raya atau kini lebih kita kenal sebagai Sera. Pada tahun ini pula “Toyota Rent A Car” berubah status menjadi merk dagang. Sera merupakan anak dari PT Astra International TBK yang sudah lebih dulu memiliki nama dalam penyediaan solusi logistic, pelayanan solusi transportasi terpadu, serta penjualan mobil bekas. Ketiga bidang ini mempunya naungan brand masing-masing dengan perbedaan pada fokus aktivitas bisnis.

Pencapaian dan Kualitas Layanan Sera sebagai Perusahaan Logistik Terkemuka
Menginjak usianya yang hampir melewati dua dasawarsa, Sera Astra merupakan perusahaan logistik yang senantiasa memperbaiki fasilitas dan layanan yang mereka sediakan. Ia termasuk salah satu pionir perusahaan pelayanan trasnportasi yang terus melakukan inovasi setiap tahunnya. Berikut adalah review atas produk, layanan, hingga prospek kerja yang disediakan oleh Sera atau PT Serasi Auto Raya

  1. Dalam hal inovasi, mereka tak pernah puas. Layanan mereka selalu ditingkatkan, dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar dan konsumen mereka. TRAC-Astra Rent a Car, salah satu bisnis mereka kini menambah produk yaitu TRAC Syariah yang melayani segmen khusus yakni korporasi. Sistem yang digunakan dalam produk ini adalah ijarah, yaitu layanan khusus bagi perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap produk berbasis syariah. Ijarah ini akan menjamin terbebasnya perusahaan dari unsur gharar, riba, atau masyir, selain itu juga menjamin transparansi finansial pengelolaan kendaraan. Sistem syariah ini merupakan yang pertama diterapkan dalam bisnis rental mobil Indonesia. O-Renz Taksi, transportasi public mereka juga ditingkatkan pelayanannya melalui kemudahan akses pelanggan dengan ketersediaan reservasi melalui telpon dan WhatsApp. Kedua inovasi ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kepekaan dalam membaca trend an kebutuhan berbagai kalangan masyarakat.

  1. Sera memiliki kepedulian dan komitmen tinggi terhadap keselamatan kesehatan dan lingkungan (K3L) sebagai perusahaan logistik. Mereka senantiasa menjaga agar tidak terjadi pencemaran lingkungan, kecelakaan kerja, maupun gangguan kesehatan pada karyawan yang dapat menghambat bahkan membatasi kinerja perusahaan. Metode yang digunakan dalam mencapai tujuan tersebut adalah PDCA (Plan, Do, Check, Action) yang telah disertifikasi oleh Standar Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.  Hal ini juga didukung oleh review yang ditulis oleh beberapa karyawan yang bekerja disana. Hampir sebagian besar mendukung komitmen ini dengan mengatakan bahwa Sera memperhatikan kesejahteraan dan kesehatan pekerjaannya. Hal ini ditunjukkan melalui penyediaan berbagai jenis tunjangan selain tunjangan kesehatan, di antaranya tunjangan transport, tunjangan tempat tinggal, tunjangan mutasi, tunjangan gigi, tunjangan istri melahirkan, bahkan tak menutup kemungkinan pemberian bonus tahunan.

  1. Sera membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para frash graduate yang tertarik untuk memulai karirnya di perusahaan logistik. Perusahaan ini memberikan pelatihan self-skill dan menyediakan lingkungan kerja yang professional untuk meningkatkan kapabilitas pekerja. Asas kekeluargaan diterapkan cukup baik di lingkungan kerja, termasuk membaurnya atasan dan bawahan yang dapat memperbesar peluang untuk meningkatkan relasi. Sistem reward yang diberikan pada pekerja yang bekerja sesuai kemampuan maksimalnya juga sangat menarik untuk meningkatkan motivasi kerja.

Secara garis besar, SERA sebagai perusahaan logistik memiliki rating yang cukup baik yakni hampir seluruhnya di atas 3, bahkan mencapai 3.6 dalam hal tingkat kepuasan, jenjang karier, gaji dan tunjangan, work & life balance, serta manajemen. Perusahaan ini patut dikatakan sebagai salah satu perusahaan terbaik di bidangnya.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top