Syarat Domba atau Kambing untuk Aqiqah

Syarat Domba atau Kambing untuk Aqiqah

Sebelum melakukan aqiqah untuk anak anda, amat sangat mutlak untuk mengetahui syarat dan ketentuan kambing/domba yang mampu disembelih untuk aqiqah. Aqiqah anak yaitu ibadah, sehingga hendaknya dilakukan dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan tuntunan syariah dalam melaksanakannya.

Ada beberapa arahan untuk dapat memilih kambing/domba aqiqah dan ketentuan yang paling utama adalah tips dari Rasulullah SAW :

Dari jabir radhiyallahu ta’ala’anhu, rasulullah bersabda.
 “jangan kalian menyembelih kecuali hewan yang sudah memenuhi umur, kecuali seandainya sulit bagi kalian. Jika sulit bagi kalian maka sembelihlah jadza’ah dari domba.”

“empat macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban : 1. Cacat matanya, 2. Sakit, 3. Pincang, 4. Kurus yang tidak berlemak lagi” (HR Bukhari dan Muslim).

  1. Cukup umur : yang dimaksud cukup umur adalah minimal 6 bulan dan sebaiknya sudah melewati satu tahun. Ini berdasarkan sabda Rasul dan pernyataan jumhur ulama.

  2. Hewan sehat dan tidak pincang : periksa mulai dari mata, apakah buta kedua mata atau buta sebelah, lalu ekor dan telinga apakah sudah terpotong ekor dan telinganya. Setelah itu anda juga harus memperhatikan sisi fisik kambing, apakah sedang sakit atau tidak. Seandainya ingin memakai jasa aqiqah, sebaiknya anda memakai jasa aqiqah yang benar-benar berdedikasi bukan amatiran. Tak sedikit yang menawarkan kambing/domba aqiqah murah namun harus teliti sebelum membeli

  3. Tidak cacat : bukan cacat yang dilarang apabila tanduk patah, bulu rontok dan luka kecil yang tidak membahayakan hidupnya.

Untuk mendapatkan kambing aqiqoh saat ini tidaklah sulit, bahkan kita bisa langsung memesan pada peternak kambing atau dombanya secara langsung.
Semoga informasi diatas membantu dalam melaksanakan aqiqah.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top