Aturan SBMPTN 2017 Menjadi Keuntungan Calon Mahasiswa

Aturan SBMPTN 2017 Menjadi Keuntungan Calon Mahasiswa


SBMPTN 2017 merupakan seleksi perguruan tinggi negeri yang satu diantara jalur seleksi PTN yang dilakukan secara bersamaan di seluruh Indonesia. Dalam SBMPTN 2017 terdapat aturan baru untuk para calon mahasiswa baru. Pasalnya, calon mahasiswa di tahun 2017 menjadi satu keuntungan karena terdapat perbedaan-perbedaan di tahun sebelumnya.

Keuntungan calon mahasiswa di aturan SBMPTN 2017

Setiap menjelang bulan enam (juni) dan bulan tujuh (Juli), calon mahasiswa berbondong-bondong sana kemari membaca dan menayakan Perguruan Tinggi yang mereka minati. Berdasarkan, komentar-komentar yang ada di website masukuniversitas.com antusiasme calon mahasiswa ataupun sudah mahasiswa akan tetapi ingin mencoba ke PTN ataupun mahasiswa PTN pindah jurusan lain, mereka tampak semangat dan tidak ingin ketinggilan informasi untuk SNMPTN dan SBMPTN.

Bulan april dimana bulan yang menjadi mengadu nasib bagi calon mahasiswa. Pasalnya, bulan april menjadi diselenggarakan pendaftaran SBMPTN. Selain itupula bulan dimana penerimaan atau pengumuman SNMPTN , setelah bulan maret pendaftran SNMPTN.

Akan tetapi, bagi Anda masih siswa-siswi jangan kuatir dengan SNMPTN masih belum diterima. Ada hal lainnya yang bisa Anda nantikan yaitu SBMPTN. Nah, SBMPTN 2017 merupakan seleksi yang menjadi satu keuntungan untuk Anda calon mahasiswa karena ada aturan-aturan tertentu yang telah ditetapkan.

1. Kuota penerimaan ditambah

Setelah pembukaan resmi SNMPTN dan SBMPTN 2017 oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir tepat 13 Januari 2017 di Jakarta. Berdasarkan dari banyak kajian dan pertimbangan di amati dari penerimaan mahasiswa di tahun 2016, panitia dari SNMPTN memberikan kuotanya untuk penerimaan calon mahasiswa minimum 30 persen dan kuota SBMPTN minumum 30 persen, sedangkan untuk UM (Ujian Mandiri) hanya boleh maksimumnya sebanyak 30 persen.

Dari kesimpulan diatas bahwa, berdasarkan kutipan dari beritasatu.com, SNMPTN dan SBMPTN di Tahun 2017 boleh menambah kuota. SNMPTN dan SBMPTN bisa menambah 40 persen dan bahkan 50 persen. Hal ini juga diberikan hal kepada perguruan tinggi negeri masing-masing. Sedangkan UM tidak bisa lebih diatas 30 persen. Ungkap Nasir di Gedung Kemristekdikti, Jakarta (Jumat, 13/1/2017).

2. Kelompok proses pendaftaran ujian

Teruntuk Anda yang mencoba SBMPTN 2017, maka perlu Anda pahami terlebih dahulu kelompok dimana Anda berada. SBMTPN terbagi 3 kelompok ujian. Pertama, kelompok SAINTEK (Sain dan Teknologi). Materi yang diujikan yaitu tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA). Untuk tes ini meliputi: Matematika, biologi, fisika dan juga kimia.

Kedua, kelompok ujian SOSHUM (Sosial dan Humaniora). Ujian sama hal dengan test Saintek yaitu mengikuti TKPA. Akan tetapi, yang menjadi perbedaan ujiannya adalah Ekonomi, Sosiologi, Geografi dan Sejarah.

Sedangkan kelompok ketiga, IPC atau Ilmu Pengetahuan Campuran. Lantaran, ada calon mahasiswa yang ingin beralih memilih jurusan saat menentukan kuliah di PTN maka bisa memilih kelompok ini. Akan tetapi yang di tes adalah Saintek dan Soshum. Selain itu juga sama halnya dengan ujian dari kelompok Saintek dan Soshum yaitu TKPA.

Setiap peserta dari calon mahasiswa tentu pada dasarnya bisa memilih kelompok ujian saintek, soshum ataupun campuran. Namun, dari jurusan IPA yang ingin memilih dan masuk ke program studi IPS maka tes ini bisa diikuti.

Bagi peserta SBMPTN 2017 yang telah mendaftar prodi tertentu, diantara keolahragaan dan juga seni, tentu mereka diwajibkan mengikuti ujian keterampilan. Untuk ujian tes, hal ini akan ditentukan atau disesuaiakan dari masing-masing prodi seperti keterampilannya.

Pemilihan dari masing-masing kelompok ujian ini dapat ditentukan oleh peserta ketika sudah memantapkan diri melakukan pendaftaran SBMPTN 2017.

3. Ujian Berbasis Komputer di perbanyak

Kutipan dari Okezone dari ungkapan Kemristekdikti 2017, Kuota CBT (Computer Based Test) kuotanya 30 ribu peserta. Hal ini jauh berbeda di tahun 2016 lalu yaitu hanya 2,5 ribu peserta untuk Test di computer. Selain itu juga, selaku Menteri di 2017 keuntungan dengan test computer yaitu praktis, hemat biaya, dan meminimalisir kecurangan seperti kebocoran soal. Jadi, untuk Anda yang mengikuti SBMPTN 2017 tidak perlu kuatir lagi untuk computer yang telah disediakan panitia SBMPTN.

4. SBMPTN 2017 peserta memiliki peluang besar masuk

Bila Anda yang masih berada dibangku SMA sampai SMA sederajat, tentu merasa bangga dan memiliki sedikit rasa sedang. Pasalnya bila teman-teman belum bisa masuk dari jalur SNMPTN, maka SBMPTN 2017 bisa menjadi salah satu peluang terbesar untuk teman-teman. Dari yang diinformasi di okezone yang kami kutip adalah peluang masuk untuk SBMPTN 2017 besar. Seperti dari salah satu PTN favorit di Indonesia UI (Universitas Indonesia). Kampus ini menerima mahasiswa dari jalur SBMPTN sebanyak 70 persen yaitu sekitar 3.382 bangku tersedia. Karena UI meniadakan SIMAK UI di Program S1 regular, maka angka lainnya dialokasi ke SNMPTN.

Jadi, Anda yang lulusan Sekolah Menengah Atas/Sederajat tahun 2017 merupakan tahun keberuntungan bagi Anda untuk bisa lebih banyak dan besar masuk ke PTN. Oleh sebab itu, jangan sia-siakan kesempatan besar ini. Jika Anda ingin masuk ke PTN maka lebih giat belajar. Hal ini menjadi salah satu kunci terbesar Anda untuk meraih yang Anda inginkan.  



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top