Pengertian Paragraf Deskripsi, Contoh Paragraf Deskripsi

Pengertian Paragraf Deskripsi, Contoh Paragraf Deskripsi

Pengertian Paragraf Deskripsi 
Apa itu paragraf deskripsi ? Paragraf deskriptif atau paragraf deskripsi adalah paragraf yang isinya melukiskan suatu objek yang dirangkai dengan kata-kata yang dapat merasang indra pembaca. Artinya penulis menginginkan agar pembaca bisa ikut melihat, mendengar dan merasakan melalui tulisan yang ditulisnya.

Contoh Paragraf Deskripsi :

Contoh 1:
Kantor itu dicat merah menyala, mencolok dibandingkan dengan kantor sejenis di komplek itu. Ketika kami masuk, kami melihat lobi kantor yang cukup berantakan. Meski berantakan, fasilitas di kantor itu lengkap. Masih ada sofa yang bisa dipakai duduk. Di belakang lobi ada ruangan tertutup dengan menyisakan lorong untuk masuk ke lantai atas. Di dinding lorong tertempel foto - foto kegiatan kantor serta beberapa piagam penghargaan.

Contoh 2:
Lantai empat kamar nomor dua ratus satu. Tidak salah lagi, inilah kamar yang sejak tadi kucari, di bagian atas pintu kamar itu tertera sebuah tanda pengenal. Di pintu itu juga terdapat sebuah kotak berwarna putih. Sebuah buku kecil terdapat pada kotak itu, dengan sebuah perintah "silakan tinggalkan pesan di sini! Pada buku kecil itu kubacajuga  pesan untukku, ”Masuk saja,  kunci dalam kotak ini. Aku akan segera kembali!”

Ciri - ciri paragraf deskripsi :
1. Memberikan gambaran tentang suatu benda, tempat atau suasana
2. Penggambaran dilakukan dengan melibatkan panca indra.
3. Mempunyai tujuan agar seolah - olah pembaca bisa ikut mendengar, melihat atau merasakan apa yang dideskripsikan oleh penulis.
4. Memberikan penjelasan mengenai objek yang dideskripsikan, bisa berupa warna, ukuran, sifat dan lain -lain.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top