Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik STIS

Dalam artikel saya sebelumnya tentang daftar sekolah ikatan dinas salah satu diantara sekolah kedinasan tersebut adalah STIS. Apakah sebenarnya STIS itu mari kita simak artikel singkat berikut ini :
STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) merupakan Sekolah Ikatan Dinas yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik ( BPS ). Sekolah kedinasan yang beralamat di Jl. Otto Iskandardinata No.64C, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330, ini dahulunya bernama Akademi Ilmu Statistik dan kemudian pada tahun 1958 berubah namanya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.
Saat ini di STIS terdapat dua buah jurusan pada program D IV STIS yaitu jurusan Statistika dan jurusan KomputasiStatistik,  setiap jurusan mempunyai beban studi sebanyak 140-160 sks.
1. Jurusan Statistika
a. Statistika Ekonomi : Mempelajari statistik terapan bidang ekonomi sehinggamampu melaksanakan kegiatandan analisis data statistik harga- harga, produk domestik regional bruto, neraca wilayah, indikator ekonomi, dan lain sebagainya.
b. Statistika Sosial dan Kependudukan : Mempelajari statistik terapan bidang statistik sosial, kependudukan, dan demografi sehingga mampu melakukan analisis dan pelaporan di bidang sosial, kependudukan, dan demografi.
2. Jurusan Komputasi Statistika
Yang dipelajari di Jurusan Komputasi Statistik ialah teknik pengolahan data, pembuatan program, dan data analys serta teknik penyusunan sistem informasi statistik seperti penyusunan basis data, komunikasi data, sistem jaringan, dan diseminasi data statistik.