memilih perguruan tinggi

memilih perguruan tinggi

Memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan studi
Bagi para pelajar yang saat ini duduk di tingkat 3 sma maupun yang sederajat serta ingin melanjutkan kuliah, mungkin akan dilanda kebingungan saat memilih perguruan tinggi mana yang akan dimasuki seusai mereka menamatkan sekolahnya. paling tidak ada beberapa jenis perguruan tinggi yakni perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi kedinasan. diantara ketiga perguruan tinggi tersebut perguruan tinggi negeri masih menjadi pilihan utama. namun bukan berarti perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi kedinasan kalah dalam kualitas.
berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum menentukan akan masuk ke perguruan tinggi mana :
1. kondisi keuangan
saat kita memilih sebuah perguruan tinggi, kita harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan kita/orang tua. saat memasuki dunia kampur berbagai biaya harus dibayarkan, mulai dari spp, biaya semester, biaya sks dan lain lain. juga keperluan mendadak seperti beli buku, fotokopi dlsb. belum lagi biaya transport ataupun biaya kost jika rumah kamu jauh dari kampus. jadi sebaiknya diskusikanlah masalah biaya yang mungkin akan dihadapi dengan orang tua agar kuliah lancar.
2. Reputasi
pilihlah universitas / perguruan tinggi dengan reputasi yang baik. jadi sebelum memilih akan masuk ke sebuah perguruan tinggi sebaiknya carilah informasi tentang perguruan tinggi tersebut.
3. Kegiatan Mahasiswa
apa saja kegiatan yang ada di sebuah perguruan tinggi bisa jadi salah satu alasan dalam memilih perguruan tinggi
kegiatan mahasiswa di sebuah perguruan tinggi dapat membantu kamu di masa depan. kuliah bukan hanya sekedar mencari ilmu saja, akan tetapi juga harus mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. dengan aktif di kegiatan mahasiswa, kita bisa belajar bagaimana cara berorganisasi dan bekerja sama dengan orang lain. hal ini bisa menjadi nilai lebih buat kita saat memasuki dunia kerja.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top