Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Memanfaatkan Geolistrik Untuk Berbagai Keperluan


Istilah Geolistrik mungkin sudah tidak asing bagi sebagain orang. Bahkan sebagain mungkin sudah memanfaatkan geolistrik ini. Akan tetapi tak sedikit juga yang belum tahu apa sebenarnya geolistrik  itu, bagaimana cara kerjanya serta apa sih manfaatnya. Artikel di bawah berikut ini akan sedikit menerangkan tentang hal tersebut.

Geolistrik adalah sebuah metode geofisika yang digunakan untuk mengukur sifat-sifat listrik dari lapisan bumi dengan tujuan memahami struktur dan komposisi bawah permukaan. Metode ini mengandalkan prinsip bahwa material dalam bumi memiliki konduktivitas listrik yang berbeda-beda, sehingga memungkinkan seseorang untuk mengidentifikasi formasi geologis, sumber daya alam, dan banyak hal lainnya.

Cara Kerja Geolistrik

Prinsip dasar di balik metode geolistrik adalah pengukuran perbedaan resistivitas listrik dari lapisan-lapisan bumi yang berbeda. Resistivitas adalah ukuran sejauh mana suatu material dapat menghambat aliran arus listrik. Semakin tinggi resistivitas suatu material, semakin buruk konduktivitasnya terhadap arus listrik.

Dalam metode geolistrik, elektroda atau elektrode dipasangkan pada permukaan bumi dalam pola tertentu. Arus listrik diinjeksikan melalui elektroda satu, dan elektroda lainnya digunakan untuk mengukur potensial listrik yang dihasilkan oleh arus tersebut pada elektroda lainnya. Berdasarkan perbedaan potensial listrik yang diukur, resistivitas bawah permukaan dapat diestimasi.

Secara umum, material berpori seperti batuan sedimen memiliki resistivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan material berair, seperti air tanah. Namun, interpretasi data geolistrik tidak selalu langsung karena berbagai faktor, seperti kelembaban, mineralogi, dan struktur geologi, dapat memengaruhi nilai resistivitas.

Pemanfaatan Geolistrik

Geolistrik banyak digunakan untuk berbagai keperluan baik itu yang bertujuan untuk penelitian maupun untuk tujuan komersial. Diantara beberapa pemanfaatan geolistrik ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Eksplorasi Sumber Daya Alam: Salah satu manfaat utama geolistrik adalah dalam eksplorasi sumber daya alam, seperti minyak, gas, dan mineral. Metode ini memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi zona berpotensi kaya minyak atau gas dengan memetakan struktur dan komposisi bawah permukaan.
  • Penelitian Geologi dan Geoteknik: Geolistrik digunakan dalam penelitian geologi untuk memahami formasi batuan, struktur geologi, dan perubahan subsurface. Ini membantu dalam pemahaman tentang sejarah geologi suatu wilayah dan memandu perencanaan konstruksi.
  • Pengelolaan Air Tanah: Geolistrik digunakan untuk memetakan distribusi air tanah dalam akuifer. Informasi ini penting dalam pengelolaan sumber daya air dan memahami pergerakan air dalam tanah.
  • Penelitian Lingkungan: Metode geolistrik dapat digunakan untuk memantau kontaminasi tanah dan air tanah. Perubahan dalam nilai resistivitas dapat mengindikasikan adanya pencemaran dan membantu dalam upaya pembersihan.
  • Geotermal dan Eksplorasi Panas Bumi: Metode ini juga berguna dalam eksplorasi sumber energi terbarukan, seperti panas bumi. Geolistrik dapat membantu mengidentifikasi zona potensial di mana panas bumi dapat diekstraksi untuk pembangkitan energi.
Jika anda atau perusahaan anda memang sedang bergerak di bidang tersebut maka penggunaan geolistrik jelas sebuah kebutuhan. 

Namun tentu saja untuk menggunakan geolistrik tidak bisa sembarangan saja. Kekurangtepatan dalam penggunaan geolistrik bisa saja menimbulkan kerugian yang tak sedikit jumlahnya. Untuk itu pemanfaatan geolistrik ini harus dilakukan oleh pihak yang memang sudah berkompeten di bidangnya.

Dan untuk anda yang akan menggunakan survey geolistrik untuk berbagai keperluan baik penelitian maupun tujuan komesial maka menggunakan jasa geolistrik yang memang sudah berpengalaman serta profesional di bidangnya adalah solusi tepat.

Dengan menggunakan jasa survey geolistrik yang terpercaya ini maka hasil survey geolistrik bisa lebih akurat. 

Salah satu jasa geolistrik yang cukup direkomendasikan saat ini adalah Galaxy Teknik. Tentu bukan tanpa alasan jika penyedia jasa yang satu ini dikrekomendasikan. Salah satunya adalah karena berbagai kelebihan yang dimiliki penyedia jasa yang satu ini. Beberapa kelebihan dari jasa geolistrik dari galaxy teknik ini antara lain adalah mereka memiliki tim profesional yang ahli di bidang geolistrik serta ditunjang dengan peralatan modern yang memiliki tingkat akurasi tinggi. Tak hanya itu saja galaxy teknik juga sudah mengantongi sertifikat resmi seputar geolistrik. Dan untuk harga jasa mereka juga termasuk kompetitif.