Mau Berbisnis Klinik Kesehatan? Perhatikan Hal Berikut Ini!

Mau Berbisnis Klinik Kesehatan? Perhatikan Hal Berikut Ini!


 Berbisnis di bidang kesehatan bisa dibilang merupakan salah satu jenis bisnis yang memiliki prospek cukup cerah beberapa tahun belakangan ini. Hal ini cukup wajar mengingat semakin tingginya kesadaran orang orang untuk menjaga kesehatan diri dan keluarganya. Mereka mulai sadar bahwa menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi.


Dan salah satu jenis bisnis di bidang kesehatan yang cukup banyak diminati adalah dengan membuat klinik kesehatan. Bisnis klinik ini bisa dibilang adalah salah satu yang memiliki peluang cukup besar bahkan untuk pemain baru sekalipun karena jumlah orang yang perlu untuk melakukan perawatan kesehatan terus bertambah tiap harinya.


Akan tetapi tentu berbisnis bisnis di bidang kesehatan termasuk juga bisnis klinik tidak bisa disamakan dengan berbisnis di bidang lainnya. Untuk memulai sebuah bisnis klinik kesehatan setidaknya kita harus memiliki izin yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dalam hal ini yakni dinas kesehatan dan pemerintah daerah setempat. Adanya izin ini sifatnya mutlak sehingga kita harus benar benar memenuhi persyaratan yang telah ditentukan untuk bisa mendapatkan izin bisnis klinik ini. Beberapa persyaratan yang harus kita penuhi ini misalnya saja soal bangunan dan lingkungan klinik kesehatan serta sarana dan prasarana yang dimiliki oleh klinik harus memenuhi standar yang ada.


Selain soal syarat syarat dan perizinan ada beberapa hal lain yang perlu juga untuk kita perhatikan ketika memutuskan akan bergelut di bisnis klinik kesehatan. Salah satunya tentu saja dalam hal pemilihan tenaga kesehatan yang akan bekerja di klinik tersebut. Pastikan kita merekrut SDM yang benar benar kompeten di bidangnya dan dibuktikan dengan surat izin yang dimiliki, misalnya saja untuk tenaga medis harus memiliki SIP (surat izin praktik), tenaga kesehatan memiliki SIK (surat izin kerja) dan jika ada apoteker harus memiliki SIPA (surat izin apoteker). Dan semua surat izin ini dipastikan masih berlaku.


Tak hanya soal SDM saja, jika kita menginginkan bisnis klinik ini bisa berjalan dengan efektif dan efisien maka kita harus mengelolanya dengan sebaik mungkin. Dan untuk bisa melakukan hal tersebut maka salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan klinik ini adalah penggunaan software klinik untuk mempermudah kita dalam manajemen klinik.


Salah satu contoh software manajemen klinik yang bisa kita pakai adalah software dari vmedis. Software klinik vmedis ini memungkinkan kita memanajemen klinik secara online. Tentu saja hal ini akan mempermudah dan menjadikan klinik kita lebih profesional. Apalagi software klinik dari vmedis ini memiliki fitur yang cukup lengkap sehingga mulai dari registrasi pasien, kunjungan pasien, diagnosa, pemeriksaan, sampai rekam medis bisa dilakukan dari software ini. Tak hanya itu integrasi dan cara pemakaiannya pun tergolong cukup mudah.





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top