Penyebab Pengapuran Sendi, Gejala dan Cara Mencegahnya

Penyebab Pengapuran Sendi, Gejala dan Cara Mencegahnya

 

pengapuran sendi

Pengapuran sendi atau osteoarthritis adalah salah satu gangguan kesehatan pada tulang yang dialami oleh banyak orang saat ini. Pengapuran sendi ini umumnya dialami oleh orang orang lanjut usia dengan umur 60 tahun ke atas baik itu pria maupun wanita (dengan wanita punya resiko terkena lebih besar). Akan tetapi tak menutup kemungkinan juga orang orang dengan usia yang lebih muda juga bisa mengalami pengapuran tulang maupun sendi.


Secara umum pada tahap awal penyakit pengapuran sendi ini tidaklah terlalu berbahaya. Akan tetapi jika tidak ditangani dengan baik dan benar maka bisa saja pengapuran sendi ini berubah menjadi sesuatu yang fatal dan membahayakan. Hal ini karena penyakit pengapuran sendi ini bisa memicu komplikasi dengan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Misalnya saja bisa memicu terjadinya infeksi pada tulang, kematian jaringan tulang, saraf kejepit, gangguan tidur hingga depresi.


Mengingat cukup berbahayanya pengapuran sendi ini jika tidak ditangani dengan baik maka sangat perlu bagi kita untuk bisa melakukan upaya pencegahan ataupun mengatasi pengapuran sendi ini dengan baik. Akan tetapi tentunya untuk bisa melakukan upaya tersebut terlebih dahulu kita perlu paham apa saja yang bisa menyebabkan terjadinya pengapuran sendi beserta apa saja gejalanya.


Penyebab Terjadinya Pengapuran Sendi

Penyebab dari osteoartritis ini cukup beragam. Bisa karena cedera yang dialami, faktor pekerjaan terlalu berat atau karena memang ada kelainan pada tulang seseorang. Dan seperti yang telah disinggung di atas faktor jenis kelamin terkadang juga mempengaruhi osteoarthritis ini, dimana wanita lebih rentan terkena penyakit ini dibandingkan pria. Hal ini karena pada wanita yang sudah lanjut usia terjadi perubahan hormon yang cukup drastis dan salah satunya adalah terjadinya penurunan hormon estrogen yang menyebabkan terjadinya gangguan pada beberapa bagian tubuh termasuk juga persendian. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan terjadinya pengapuran sendi tulang adalah faktor berat badan. Orang yang mempunyai berat badan terlalu besar atau obesitas punya resiko lebih tinggi mengalami osteoartritis, hal ini karena tulang dan sendi orang orang obesitas menerima tekanan lebih berat daripada orang orang dengan berat badan yang lebih normal.


Gejala Pengapuran Sendi atau Osteoartritis

Gejala yang dialami oleh orang yang mengalami pengapuran sendi cukup beragam. Gejala awal yang umum dialami oleh mereka yang terkena artritis antara lain adalah terjadinya kaku pada persendian sehingga sendi sulit untuk digerakkan. Selain sendi yang terasa kaku gejala lain yang timbul pada pengapuran persendian adalah timbulnya rasa nyeri pada sendi sendi tertentu. Tidak hanya rasa nyeri saja pada tahap selanjutnya dari pengapuran sendi timbul juga gejala berupa pembengkakan atau radang pada persendian. Dan gejala gejala yang ada tersebut tentunya akan membatasi pergerakan orang yang mengalaminya.


Pencegahan Pengapuran Sendi

Pengapuran sendi sebenarnya termasuk bisa dicegah atau setidaknya diminimalisir resiko terjadinya. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah osteoarthritis ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menjaga berat badan ideal, dengan berat badan ideal maka tekanan yang dialami tulang tidak akan seberat jika seseorang mengalami obesitas.

  • Lindungi persendian dari cedera, jangan mengangkat beban yang terlalu berat karena bisa saja hal tersebut akan menjadikan tulang ataupun persendian mengalami cedera.

  • Rutin berolahraga untuk meningkatkan kekuatan persendian dan tulang kita.

  • Cukupi kebutuhan nutrisi terutama yang bermanfaat untuk tulang misalnya saja kalsium, protein serta kolagen.

  • Istirahat yang cukup..





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top