Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Otot

 


Otot merupakan salah satu bagian penting pada tubuh manusia. Selain sebagai alat gerak otot ini juga berfungsi sebagai pembentuk tubuh manusia, memastikan jantung tetap berdetak sehingga darah dan oksigen bisa mengalir ke seluruh tubuh dan lain sebagainya.


Karena pentingnya fungsi dari otot pada manusia ini maka adanya gangguan kesehatan pada otot tentunya akan menyebabkan terganggunya fungsi tubuh yang lainnya. Dan tak jarang hal tersebut bisa berakibat fatal.


Oleh karena itu penting bagi kita untuk senantiasa menjaga agar otot kita tetap sehat dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Adapun beberapa cara untuk menjaga kesehatan otot ini antara lain adalah sebagai berikut:


Cukupi Asupan Nutrisi Tubuh

Pola makan yang tepat merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk juga kesehatan otot. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh otot dan perlu dimakan dalam jumlah yang cukup secara teratur antara lain adalah protein yang bisa berfungsi untuk memperbaiki dan meningkatkan massa otot, kalsium yang bisa menjadikan otot lebih kuat dan sehat, karbohidrat sebagai bahan bakar otot, vitamin D, Omega 3 dan lain sebagainya.

Tak hanya makanan saja agar otot sehat kita juga perlu untuk terhidrasi, hal ini bisa dilakukan dengan cara minum air putih dalam jumlah yang cukup setidaknya 2 liter per harinya.


Berolahraga Secara Teratur

Hal selanjutnya yang juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot adalah melakukan olahraga secara teratur. Orang yang melakuan olahraga akan menjadikan ototnya relatif lebih sehat dan bisa meningkatkan massa otot.

Tentu saja jenis olahraga ini perlu menyesuaikan dengan kondisi kita. Baik kondisi kesehatan tubuh maupun usia kita. Jangan sampai memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat yang tidak sesuai dengan kita. Karena salah salah bukannya otot sehat yang kita dapat malah justru otot kita cedera.


Tidur yang Cukup

Sewaktu kita tidur hormon yang ada pada tubuh memperbaiki sel sel tubuh yang rusak termasuk juga otot kita. Karena itu sebaiknya kita perlu memastikan untuk bisa tidur dalam waktu yang cukup serta tidur yang berkualitas.