Sejarah Perjalanan Suzuki Jimny, Mobil Legendaris di Indonesia

Sejarah Perjalanan Suzuki Jimny, Mobil Legendaris di Indonesia

Suzuki Jimny (suzuki.co.id)

Sebagai perusahaan mobil besar di Indonesia, suzuki ternyata memiliki sejarah perjalanan yang cukup panjang. Demikian juga dengan mobil Suzuki Jimny, yang dikenal sebagai mobil legendaris di Indonesia, yang juga sejarah perkembangan yang cukup panjang, sebelum berada pada posisi sekarang ini.

Dalam perkembangannya, mobil Suzuki Jimny memiliki empat generasi. Dari masing-masing generasi, perusahaan ini mengeluarkan jenis atau tipe mobil yang berbeda. Baik dalam kapasitas mesin, silinder, serta body, mobil ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari generasi ke generasi.

Generasi Pertama

Pada generasi ini, Suzuki mengeluarkan jenis mobil dua silinder. Kapasitas mesin yang digunakan dalam tipe mobil ini adalah 359 cc serta memiliki pendingin udara. Ini merupakan jenis mobil offroad, yang dikenal dengan mobil 4WD LJ10 (Light Jeep 10).

Jenis mobil ini dikeluarkan setelah perusahaan Suzuki membeli  Hope Motor Company, salah satu produsen mobil offroad kecil yang sudah berdiri sejak tahun 1968. Setelah berhasil membeli perusahaan mobil ini, Suzuki terus mengadakan perubahan pada setiap jenis mobil yang diluncurkannya.

Pada tahun 1972, suzuki kembali meluncurkan LJ20 yang diganti dengan jenis LJ50 pada tahun 1975. LJ50 menggunakan mesin 3 silinder dan kapasitas 539 cc dan dianggap sebagai mobil Jimny pertama di Indonesia.  Yang akhirnya, mobil ini berkembang menjadi mobil dengan 4 silinder dengan kapasitas 800cc.

Generasi Kedua 

Generasi kedua mobil jimny diawali pada tahun 1981 saat Suzuki meluncurkan SJ30 yang menggunakan mesin 3 silinder dengan kapasitas mesin 550cc dan 660. Sedangkan di Indonesia, generasi ke 2 suzuki Jimny dimulai ketika diluncurkan Suzuki 1000 SJ 410. 

Perkembangan yang dilakukan oleh Suzuki baru dimulai pada tahun 1982 dengan menghadirkan mobil dengan penggerak dua roda.  Mobil ini dikenal dengan nama Suzuki Katana yang memiliki body mobil yang kompak, mudah dimodifikasi serta lincah.

Pada generasi kedua ini suzuki juga meluncurkan mobil yang mampu menempuh berbagai medan yang dikenal dengan Jimny Long atau Jimny LWB. Baru pada tahun 2004, mobil yang menyerupai pick up dan memiliki kabin ekstra dengan kapasitas 1300 cc diluncurkan yang disebut Jimny SJ413 atau Caribian.

Generasi Ketiga

Generasi ketiga mobil Jimny di Indonesia baru dimulai pada tahun 2017, ketika Suzuki resmi membawa SUV offroad modern pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show. Jimny generasi ketiga ini dilengkapi dengan ban 205/70 R15, Rail Roof Rack dan cadangan ban belakang.

Sebenarnya, generasi ketiga Suzuki Jimny sudah ada di luar negeri sudah sejak tahun 1997, yang diluncurkan pada acara Tokyo Motor Show, di Jepang. Peluncuran mobil dengan pilihan kapasitas mesin serta pilihan  transmisi 5 percepatan dan 4 percepatan ini mendapat respon positif di negara lain juga.

Sementara di Indonesia, mobil SUV offroad yang dilengkapi mesin berkapasitas 1,3 liter dan memiliki penggerak ALL Wheel Drive ini hanya diproduksi sekitar 88 unit saja. Mobil ini di Indonesia dijual dengan harga sekitar 285 juta. 

Generasi Keempat

Pada generasi keempat ini, Suzuki memiliki produk baru berupa mobil berkapasitas 1,5 liter dan mampu menghasilkan tenaga besar, yakni sekitar 102 hp pada 6000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4000 rpm. Mobil jenis ini cukup tangguh untuk meredam guncangan saat melewati jalan yang tidak rata.

Spesifikasi terbaru mobil Suzuki Jimny generasi keempat ini terletak pada mode berkendara four wheel drive dengan fitur All Grip Pro 4WD yang dimilikinya. Tipe ini memberikan kebebasan kepada pengemudi untuk memilih model berkendara ketika di jalan normal maupun pada jalanan yang ekstrim.

Saat berkendara pada kondisi jalan normal beraspal, pengemudi bisa memilih 2H pada fitur All Grip Pro 4 WD yang disediakan. Sementara untuk kondisi jalan ekstrim dan bergelombang, atau melewati batuan kasar, pengemudi bisa memilih 2L pada fitur yang ada.

Perkembangan mobil Suzuki Jimny di Indonesia memang tidak sepesat di luar negeri. Akan tetapi, mobil jenis ini memiliki penggemar yang cukup besar di Indonesia. Hal ini terbukti dengan lahirnya empat generasi mobil Suzuki Jimny yang mendapat respon baik oleh penggemar mobil offroad di Indonesia.





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top