Tips Memilih Perusahaan Logistik yang Tepat

Tips Memilih Perusahaan Logistik yang Tepat


Perusahaan logistik memegang peranan yang sangat besar dalam kehidupan manusia modern saat ini. Berbagai barang kebutuhan sehari hari dikirimkan dari satu daerah ke daerah lainnya menggunakan jasa perusahaan logistik ini. Apalagi di era pandemi seperti saat ini, kebutuhan pengiriman barang meningkat drastis yang artinya kebutuhan akan jasa logistik juga meningkat. Bahkan mungkin saja kitapun merupakan salah satu yang membutuhkan jasa logistik untuk pengiriman barang.

Jika kita memang akan menggunakan sebuah perusahaan logistik untuk mengirim barang maka tentunya kita perlu lebih selektif dalam memilinya. Setidaknya ada beberapa kriteria tertentu yang harus kita tetapkan sebelum memilih perusahaan logistik yang akan kita gunakan layanannya. Beberapa tips berikut ini mungkin bisa kita aplikasikan ketika akan memilih jasa logistik.

1. Pilih Perusahaan Logistik yang Kredibel

Hal pertama yang perlu kita perhatkan ketika akan memilih perusahaan logistik adalah kredibilitas mereka. Untuk menilai suatu perusahaan logistik kredibel atau tidak ada beberapa aspek yang perlu kita perhatikan. Yang pertama tentunya soal legalitas yang mereka miliki. Umumnya perusahaan logistik yang sudah memiliki legalitas adalah perusahaan yang sudah memenuhi kriteria tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah dan relatif lebih terpercaya.

Tak hanya soal legalitas saja, untuk melihat perusahaan logistik tersebut kredibel atau tidak kita juga bisa melihat dari rview orang orang yang pernah menggunakan jasa mereka. Dengan melihat review ini kita akan tahu apakah jasa logistik tersebut profesional atau tidak. 

Soal pengalaman atau berapa lama perusahaan logistik tersebut berdiri juga patut untuk kita jadikan bahan pertimbangan dalam memilihnya. Perusahaan yang sudah lama berdiri dan berpengalaman tentunya relatif lebih kredibel dibandingkan perusahaan kemarin sore yang belum jelas juntrungnya.

2. Pilih Sesuai dengan Kebutuhan

Penting juga untuk memilih jasa logistik yang sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan jenis barang yang akan kita kirim. Misal saja kita akan mengirim barang dengan kategori VPD (Valuable, Perishable, Dangerous Goods) maka perlu memilih jasa logstik yang memang khusu memiliki layanan pengiriman untuk jenis barang tersebut. Sehingga barang bisa aman saat dalam pengiriman.

3. Pilih Perusahaan Logistik yang Transparan Dalam Hal Biaya Pengiriman

Hal selanjutnya yang juga perlu kita perhatikan adalah soal transparansi dari perusahaan logistik, terutama dalam hal biaya kirim. Pilihlah jasa logistik yang memiliki patokan jelas biaya pengiriman. Dan mereka menampilkan rincian biaya pengiriman ini. Transparansi ini temasuk juga dalam hal pelacakan barang, dalam hal ini kita bisa tahu sampai di mana barang yang kita kirimkan hanya dengan melacaknya menggunakan layanan web atau aplikasi dari jasa logistik tersebut.

4. Biaya yang Terjangkau

Setelah kita tahu biaya pengiriman dari masing masing perusahaan logistik yang ada maka kita bisa memilih perusahaan logistik yang menawarkan harga pengiriman yang terjangkau. Atau dengan kata lain yang sesuai dengan budget yang kita miliki. Jangan sampai budget kita hanya cukup untuk pengiriman saja sehingga kebutuhan lain terbengkalai.

5. Kecepatan Pengiriman

Untuk jenis barang barang tertentu kita juga perlu memilih jasa pengiriman logistik yang mengutamakan soal kecepatan. Karena ada beberapa barang yang bisa saja rusak atau berkurang fungsinya jika terlalu lama dalam kargo. 

6. Memiliki Jaminan Keamanan

Pilih jasa logistik yang memberikan jaminan keamanan untuk barang yang kita kirimkan. Sehingga jika barang rusak atau terjadi kehilangan barang saat dalam pengiriman ada yang bertanggungjawab terhadap barang tersebut.






Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top