Beberapa Jenis Gangguan Pada Layar Laptop dan Cara Mengatasinya

Beberapa Jenis Gangguan Pada Layar Laptop dan Cara Mengatasinya


Beberapa tahun belakangan ini laptop semakin diminati oleh sebagian orang di Indonesia. Meskipun untuk spesifikasi yang sama biasanya harga laptop lebih mahal dibanding PC akan tetapi banyak orang yang tetap memilih membeli laptop. Hal ini salah satunya karena mobiltas laptop yang cukup tinggi. Dengan bobot laptop yang cukup ringan dan bentuknya yang tipis tentu mudah bagi kita untuk membawa dan bekerja dengan alptop di berbagai tempat.

Akan tetapi dengan bentuknya yang tipis tersebut menjadikan laptop terkadang tak setangguh PC. Seringkali setelah beberapa tahun pemakaian laptop yang kita gunakan ini akan mengalami gangguan atau kerusakan baik yang sifatnya ringan maupun berat. Gangguan tersebut jika tidak segera di atasi bisa saja menjadi semakin parah bahkan bisa saja kemudian laptop tersebut mati total.

Oleh karena itu sebagai seorang pemilik laptop ada baiknya jika kita paham dengan beberapa jenis gangguan / kerusakan yang terjadi pada laptop kita tersebut. Dengan paham dan mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada laptop maka kita bisa memperbaikinya sendiri. Atau kalaupun tidak bisa memperbaiki sendiri laptop tersebut dan membawanya ke tukang service kita tidak perlu khawatir tertipu karena sudah paham apa saja yang rusak pada laptop tersebut.

Di artikel berikut ini akan saya sampaikan beberapa jenis gangguan ataupun kerusakan yang umum terjadi pada sebuah laptop terutama gangguan yang terjadi pada display atau layar laptop beserta cara cara mengatasinya. Beberapa gangguan pada laptop tersebut misalnya adalah sebagai berikut :

1. Layar Laptop Blank Putih
Layar laptop yang menjadi blank berwarna putih bisa jadi merupakan salah satu jenis gangguan yang cukup sering terjadi pada sebuah laptop. Untuk penyebab dari layar blank putih ini cukup banyak baik itu karena faktor fisik maupun karena non fisik seperti karena pemakaian software tertentu misanya . Menurut artikel yang ada di tehdian.com beberapa penyebab layar blank putih tersebut diantaranya adalah karena sirkulasi udara yang kurang, laptop tersebut pernah terjatuh dan mengalami goncangan pada layarnya, serta  layar laptop terhimpit atau tertekan benda lain.
Setelah kita paham penyebab dari layar yang blank berwarna putih tersebut maka kita bisa mulai untuk memperbaiknya. Jika misal layar blank ini karena program atau software tertentu maka kita bisa saja menguninstall program software tersebut. Namun jika penyebab layar laptop ini balnk karena faktor fisik maka tentu kita perlu membongkar dan memeriksa kondisi komponen komponen dari laptop tersebut mulai dari konektor hingga ke bagian yang lainnya. Akan tetapi jika kita merasa belum mahir dan kurang yakin untuk membonhkarnya kita bisa membwa laptop tersebut ke tukang service untuk diperbaiki. Untuk jenis kerusakan ringan mungkin biayanya tida terlalu mahal akan tetapi jika sudah cukup berat bisa saja kita harus mengganti layar laptop kita dengan layar yang baru.

2. BlackScreen
Penyebab layar tidak menampilkan display yang seharusnya dan laya rberarnya hitam ini cukup banyak. Misalnya karena kita baru saja mengupdate BIOS namun ternyata gagal sehingga saat direstrat kita tidak bisa masuk BIOS dan gagal booting, penyebab lain dari blackscren bisa juga karena faktor fisik misanya pemasangan RAM yang tidak pas, kabel HDMI yang kendor dan lain sebagainya.
Berbeda penyebab layar blackscreen tentunya berbeda juga cara untuk mengatasinya. Misanya untuk layar blackscreen karena kegagalan dalam update BIOS maka saat kita memperbaikinya kita bisa fokuskan ke bagian baterai CMOS, entah itu dengan meresetnya atau mencopot dan menggantinta dengan baterai CMOS yang baru. Sedangkan jika penyebabnya karena faktor fisik maka kita bisa mengatasinya dengan mengepaskan pemasangan RAM dan mengencangakan konektor HDMI atau VGA yang ada di laptop.

3. Layar Laptop Bergaris
Meskipun laptop yang layarnya bergaris sebenarnya masih bisa kita pakai akan tetapi adanya garis garis tersebut tentu akan menggangu pandangan kita. Penyebab layar laptop bergaris ini cukup beragam, bisa jadi layar bergaris karena kemasukan debu, terkena air atau mengalami goncangan karena jatuh sehingga kabel yang menghubungkan laptop dengan motherboard menjadi kendor  dan penyebab lain yang sejenis.

Untuk mengatasinya layar beragaris ini cukup mudah. Jika masalahnya karena kabel koneksi layar ke motherboard yang kendor maka kita tinggal mengencangkannya. Dan jika penyebabnya karena debu atau air kita tinggal membersihkannya dan bisa juga mengatasi layar bergari ini dengan software pixel repairer.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top