Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Motherboard

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Motherboard


Meskipun saat ini perkembangan laptop yang ada di pasaran sangatlah pesar akan tetapi kebutuhan orang akan penggunaan PC desktop tetaplah tinggi. Hal ini karena pada umumnya untuk rentang harga yang sama sebuah PC desktop memiliki spek yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan laptop. Disamping itu PC juga lebih muda untuk dikustomisasi komponen kompnennya.

Secara umum PC yang biasa orang orang gunakan sendiri terbagi menjadi PC built up dan PC rakitan. PC built up artinya PC yang kita beli ini sudah jadi atau sudah dirakit dari pabrikan atau vendornya atau dengan kata lain setelah kita beli PC tersebut bisa langsung digunakan. Sedangkan PC rakitan adlah PC yang kita rakit sendiri komponen  komponennya.

Baik PC built up maupun PC rakitan ini memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Misalnya saja PC rakitan memiliki keunggulan yakni harga yang relatif lebih murah dan juga bisa dikustomisasi komponennya sesudai dengan kebutuhan kita. Hal ini tentunya cocok untuk kita yang memang senang mengotak atik komputer dan memiliki dana terbatas.

Tentunya sebelum kita merakit sebuah PC kita harus membeli komponen komponne yang dibutuhkan terlebih dahulu. Komponen komponen yang perlu dibeli ini antara lain adalah motherboard, CPU, RAM, Kartu Grafis (VGA), Hard Disk ataupun SSD sesuai dengan kebutuhan, Power supply, Casing, Cooler, Mouse, Keyboard beserta beberapa aksesoris lainnya yang diperlukan.

Di antara beberapa komponen tersebut motherboard merupakan salah satu komponen yang sangat vital keberadaannya. Motherboard merupakan salah satu komponen yang sangat vital keberadaannya dalam sebuah laptop maupun personal Computer (PC). Sesuai degan namanya yakni motherboard atau dalam bahasa awamnya papan induk, maka motherboard ini memiliki fungsi untuk menyatukan komponen komponen yang ada pada komputer. Karena itulah sebelum membeli motherboard untuk keperluan merakit PC desktop ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

Keperluan Penggunaan PC
Apakah PC tersebut akan digunakan untuk keperluan gaming, untuk bekerja yang berhubungan dengan editing grafis, untuk mengerjakan pekerjaan office seperti word dan excel ataukah hanya untuk keperluan hiburang saja tentunya sangat mempengaruhi jenis motherboard yang akan dipakai. Tentunya pililhlah motherboard yang speknya kira kira sesuai denga kebutuhan penggunaan desktop PC tersebut nantinya.

Budget
Pilihla motherboard dengan harga yang sesuai dengan budget yang kita miliki. Misalnya saja jika budget yang kita punya berkisar antra 2,5 hingga 3 jutaan maka bisa membeli motherboard msi x570 A PRO

Ukuran
Jika anda inggin membeli motherboard untuk melakukan pergantian motherboard yang rusak atau melakukan upgrade motherboard pada PC anda maka pastikan anda membeli motherboard yang memiliki ukuran sama dengan motherboard yang diganti. Sementara jika anda akan membeli motherboard untuk keperluan merakit sebuah PC sendiri maka anda bisa memilih sendiri ukuran motherboard sesuai kebutuhan. Berdasarkan ukurannya orang membagi motherboard menjadi beberapa jenis yakni ATX, micro-ATX, dan mini ITX.

Jumlah Slot
Perhatikanlah jumlah slot yang ada pada motherboard tersebut baik itu slot RAM maupun slot PCI express dan SATA.

Port Input Output
Perhatikan juga port port input output yang ada pada motherboard tersebut. Umumnya untuk motherboard motherboard yang ada saat ini memiliki beberapa port seperti USB ( bisa USB 2.0, 3.0, 3.1 maupun USB type C), port Thunderbolt 3, PS/2, HDMI/ Display Port/ VGA D-SUB dan Audio Port.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top