Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Makan Salmon Secara Teratur Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Anda

 


Salmon dianggap sebagai salah satu makanan tersehat di dunia, dan tentunya untuk alasan yang bagus. Tidak hanya dikemas dengan nutrisi penting seperti asam lemak omega-3, protein, dan vitamin D, namun ikan salmon juga menawarkan berbagai manfaat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Pada artikel kali ini, kita akan mengeksplorasi manfaat kesehatan terbaik yang didapat dengan mengonsumsi ikan yang lezat ini. Tidak peduli apakah Anda seorang pecinta makanan laut atau cuma ingin menambahkan lebih banyak pilihan sehat di dalam diet Anda, silakan baca terus untuk mendapatkan jawaban mengapa salmon layak mendapat tempat di dalam daftar makanan Anda sehari-hari.

Profil Gizi Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan padat nutrisi yang menyediakan berbagai macam nutrisi penting. Satu porsi salmon matang 3,5 ons (100 gram) mengandung:

  • Kalori: 206

  • Protein: 22 gram

  • Lemak: 13 gram

  • Asam lemak omega-3: 2,3 gram

  • Vitamin D: 17% dari RDI

  • Vitamin B12: 51% dari RDI

  • Vitamin B6: 18% dari RDI

  • Selenium: 52% dari RDI

  • Kalium: 9% dari RDI

Ikan salmon juga merupakan sumber vitamin dan mineral lain yang baik, termasuk niasin, fosfor, dan magnesium. Selain kandungan nutrisinya, ikan salmon juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, yang menjadikan makanan ini merupakan pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang ingin membangun atau meningkatkan massa otot.

Manfaat Kesehatan Jantung dari Makan Salmon

Makan ikan salmon secara teratur telah terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan jantung. Sebagian besar dari hal ini terjadi karena adanya kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dari ikan salmon, dimana hal ini dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. 

Asam lemak omega-3 bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki kadar kolesterol.

Satu studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon dua kali seminggu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung sebesar 30%. 

Studi lain yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa makan satu hingga dua porsi ikan salmon per minggu dikaitkan dengan penurunan 36% risiko kematian akibat dari penyakit jantung.

Manfaat Fungsi Otak Dari Makan Ikan Salmon

Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, ikan salmon juga bermanfaat untuk fungsi otak. Asam lemak omega-3, yang berlimpah dalam ikan salmon, sangat penting untuk kesehatan dan perkembangan otak. Mereka telah terbukti memiliki dampak positif pada fungsi kognitif, memori, dan suasana hati.

Salah satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, Health & Aging menemukan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 dari ikan seperti salmon dikaitkan dengan kinerja kognitif yang lebih baik pada orang dewasa yang lebih tua. 

Studi lain yang dilakukan oleh University of Pittsburgh Medical Center menemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat memperbaiki gejala depresi.

Manfaat Anti-Inflamasi dari Makan Ikan Salmon

Peradangan kronis diyakini berperan dalam sejumlah penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan radang sendi. Makan salmon secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, berkat kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa mengonsumsi asam lemak omega-3 dari ikan seperti salmon dikaitkan dengan pengurangan penanda peradangan dalam tubuh. 

Studi lain yang dilakukan oleh University of California, San Diego menemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan pada pasien rheumatoid arthritis.

Bahkan afcsopindonesia.id juga menyebutkan bahwa bagian tertentu dari ikan salmon, yaitu bagian salmon ovary peptide, bisa membantu meregenerasi sel-sel yang rusak di dalam tubuh.

Manfaat Makan Salmon untuk Kulit dan Rambut

Salmon juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada salmon dapat membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit, sekaligus mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan jerawat dan kondisi kulit lainnya.

Selain kandungan omega-3, salmon juga merupakan sumber vitamin D yang baik, yang penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Vitamin D terlibat dalam pertumbuhan dan pemeliharaan folikel rambut, dan telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan kulit.

Manfaat Manajemen Berat Badan dari Makan Salmon

Makan salmon secara teratur juga dapat membantu manajemen berat badan. Salmon adalah makanan berprotein tinggi, dan protein terbukti lebih mengenyangkan daripada karbohidrat atau lemak. Ini berarti makan salmon dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Selain efek mengenyangkan, salmon juga mengandung sejenis lemak yang disebut asam linoleat terkonjugasi (CLA), yang terbukti memiliki efek positif pada komposisi tubuh. CLA telah terbukti mengurangi lemak tubuh sekaligus meningkatkan massa otot tanpa lemak, yang dapat membantu memperbaiki komposisi tubuh secara keseluruhan.

Cara Memasukkan Salmon ke dalam Diet Anda

Memasukkan salmon ke dalam daftar makanan Anda itu sangat mudah dan sangat disarankan untuk meningkatkan kesehatan. Berikut adalah beberapa cara untuk menikmati ikan bergizi ini:

  1. Fillet salmon panggang

  2. Burger salmon atau bakso salmon

  3. Salmon asap di atas roti panggang atau bagel

  4. Sushi salmon atau sashimi

  5. Sate salmon

  6. Salad salmon

Tips dalam Membeli dan Memasak Salmon

Saat membeli salmon, jika memungkinkan, cari salmon hasil tangkapan liar. Salmon liar cenderung lebih tinggi asam lemak omega-3 dan lebih rendah kontaminan seperti merkuri dibandingkan dengan ikan salmon yang dibudidayakan. 

Saat memasak salmon, hindari memasaknya terlalu lama, karena dapat menyebabkannya menjadi kering dan rasanya menjadi hilang. Hal ini bertujuan supaya kita bisa mendapatkan bagian daging tengah yang sedikit berwarna merah muda sehingga ikan salmon bisa tetap dalam kondisi segar dan beraroma.

Kesimpulan dan Ringkasan Manfaat Kesehatan dari Ikan Salmon

Kesimpulannya, ikan salmon adalah makanan padat nutrisi yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Dari mulai mengurangi risiko penyakit jantung hingga meningkatkan fungsi otak dan mengurangi peradangan pada tubuh, makan ikan salmon secara teratur bisa berdampak signifikan pada kesehatan dan stamina tubuh Anda secara keseluruhan.

Jadi, jika Anda seorang pecinta makanan laut atau hanya sekedar ingin mencari makanan pelengkap yang sehat dan lezat untuk diet Anda, pastikan Anda menambahkan salmon ke dalam daftar belanjaan Anda.