Cara Merawat Aki Mobil yang Baik dan Benar

Cara Merawat Aki Mobil yang Baik dan Benar


 Cara merawat aki mobil sangat penting untuk diketahui. Sebab, aki merupakan salah satu komponen vital yang memiliki peran penting bagi mobil. Aki berfungsi menyimpan dan menghantarkan energi listrik yang ada pada mobil. Jika aki mengalami masalah, secara otomatis komponen kelistrikan mobil seperti klakson, AC, dan head unit tidak akan bisa digunakan. 

Cara Merawat Aki Mobil 

Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan perawatan aki mobil agar aki bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ada beberapa tips dari  Otoklix mengenai cara merawat aki mobil yang bisa Anda lakukan.

1. Cek dan Bersihkan Kerak Putih

Cara merawat aki mobil yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek kondisi aki secara rutin. Umumnya, semua komponen mobil memerlukan pengecekan secara rutin, termasuk aki. 

Hal ini bertujuan untuk memastikan semua komponen bisa dalam keadaan bersih dan aman. Anda juga bisa membersihkan kerak putih yang biasanya terdapat pada bagian kepala aki. 

Kerak putih tersebut berasal dari proses kimia serta oksidasi dan memiliki sifat korosif. Jika tidak segera dibersihkan, maka akan merusak komponen lainnya yang berada di sekitar aki mobil. 

Anda bisa membersihkan kerak putih tersebut menggunakan air panas. Lepas dan turunkan aki dari mobil, kemudian siram dengan air panas, lalu lap atau sikat secara perlahan bagian yang terdapat kerak putih hingga bersih.

2. Bersihkan Terminal Aki

Cara merawat aki mobil selanjutnya adalah dengan membersihkan aki secara berkala. Salah satu bagian yang harus selalu dibersihkan yaitu terminal aki. 

Anda bisa membersihkan terminal aki menggunakan sikat kawat atau sikat plastik, secara rutin. Hal ini mencegah agar terminal aki tidak tertutup oleh kotoran dan debu. Sebab, terminal aki berfungsi menghantarkan listrik dari aki menuju ke mesin mobil.

3. Cek Beban Aki Mobil Secara Berkala

Selanjutnya, Anda bisa merawat aki mobil dengan cara melakukan pengecekan beban aki secara berkala. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui kondisi aki mobil masih dalam keadaan prima atau tidak. Anda bisa melakukan pengecekan beban aki mobil di bengkel terdekat yang terpercaya.

4. Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Tips untuk cara merawat aki mobil berikutnya adalah dengan rutin memanaskan mesin mobil. Meski Anda tidak menggunakan mobil setiap hari, namun sangat disarankan untuk memanaskan mesin mobil secara rutin minimal 5 hingga 10 menit setiap harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kualitas aki agar tidak mudah rusak.

5. Lepas Kabel Aki Saat Tidak Digunakan

Saat Anda mempunyai rencana untuk tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa merawat aki dengan cara melepaskan kabel aki yang terhubung di bagian terminalnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang akan terhubung secara terus menerus. Dengan demikian, aki akan lebih awet untuk digunakan.

6. Cek Volume Cairan Aki

Cara merawat aki mobil terutama jenis aki basah adalah dengan melakukan pengecekan volume cairan aki. Anda bisa mengecek apakah volume cairan aki berkurang atau tidak. 

Saat volume aki berkurang, maka Anda bisa segera melakukan pengisian ulang pada aki mobil. Proses pengisian aki menggunakan cairan accu dengan volume yang tidak terlalu penuh dan tidak kurang dari standar yang telah ditentukan. 

Jika Anda lupa untuk mengisi cairan aki, maka bisa menyebabkan aki meledak. Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada bagian kap mobil.

7. Cek dan Bersihkan Alternator Aki

Alternator aki merupakan salah satu komponen aki yang memiliki peran sangat penting. Kondisi alternator aki dapat menentukan apakah aki mobil tersebut awet digunakan atau tidak. Pasalnya, jika kondisi alternator aki lemah atau bermasalah maka aki mobil akan lebih cepat rusak. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pengecekan dan membersihkan area alternator aki.

8. Sediakan Ventilasi Udara Pada Aki Kering

Secara umum aki kering memang tidak membutuhkan banyak perawatan seperti aki basah. Namun , meski demikian bukan berarti aki kering tidak akan pernah rusak. Oleh sebab itu, meski minim perawatan kita tetap harus melakukan pengecekan untuk memastikan kondisi aki tetap baik. 

Salah satu cara merawat aki mobil yang berjenis kering yaitu menyediakan ventilasi udara. Sebagai komponen penghantar listrik ke mesin mobil, Anda perlu untuk menambahkan aksesoris pelindung mobil. Hal ini bertujuan agar suhu udara pada aki kering di dalam mobil tetap stabil.

Biasanya untuk jenis aki kering membutuhkan ventilasi sebagai sirkulasi udara agar aki terhindar dari suhu yang ekstrem. Jika Anda melakukan hal ini, maka aki mobil yang Anda gunakan akan lebih awet dan memiliki masa pakai yang lebih lama.

Itulah beberapa tips cara merawat aki mobil yang bisa Anda coba lakukan. Penting untuk diketahui bahwa semua perawatan aki mobil harus dilakukan secara teratur untuk memperoleh hasil yang lebih optimal. Anda bisa melakukan perawatannya di bengkel mobil terpercaya





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top