Hitung Berat Badan Ideal Anda dengan Rumus Ini

Hitung Berat Badan Ideal Anda dengan Rumus Ini


Semua orang memimpikan tubuh yang sempurna. Tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk. Berkat sosoknya yang sempurna, tingkat kepercayaan diri pun akan meningkat.

Namun, menurut Anda apakah bentuk tubuh yang sempurna adalah berat badan yang ideal? Bagaimana bentuk tubuh ideal Anda? Apakah seperti binaragawan atau model? Bentuk tubuh yang ideal bersifat subjektif. Bentuk tubuh ideal Anda mungkin berbeda dengan bentuk ideal menurut siapa saja.

Perlu diketahui bahwa bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan ideal. Jika bentuk tubuh adalah pandangan subjektif, makan timbangan adalah hal yang obyektif. Apakah menurut Anda siluet Anda tidak sempurna? Tunggu sebentar, bentuk tubuh Anda mungkin tidak sempurna untuk Anda, tetapi Anda mungkin sempurna untuk mengukur berat badan.

Bingung berat badan ideal kamu nggak? Bagaimana cara menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita? Jangan bingung, Anda bisa mengetahui apakah Berat Badan Ideal Anda seperti ini dengan menyimak ulasan berikut yang menjelaskan cara menghitung Berat Badan Ideal Anda.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Tinggi Badan

Jika saat ini Anda termasuk orang yang gugup memikirkan berat badan Anda saat ini, apakah sudah dalam kategori ideal atau belum? maka Anda dapat mencoba menghitung dengan dua jenis rumus yang telah disebutkan sebelumnya. Cara penghitungannya pun tidak terlalu sulit, Anda bahkan bisa melakukannya sendiri.

1. Kalkulator BMI

Apa BMI itu? BMI adalah singkatan dari Body Mass Index. BMI adalah menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan Anda yang kemudian dihitung dan Anda tahu apakah berat badan Anda saat ini sudah sempurna atau termasuk dalam kategori orang kurus atau gemuk.

Cara menghitung berat badan dengan kalkulator BMI bisa dimulai pada usia 20, perhitungan untuk orang di bawah 20 berbeda-beda. Namun, cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan kalkulator BMI akan sedikit membingungkan bagi para atlet atau atlet. Ini karena berat badan Anda berasal dari massa otot Anda. Jadi bisa saja BMI-nya obesitas, padahal sebenarnya tidak. BMi normal berkisar antara 18,5 hingga 25.

Ketika BMI Anda di atas 25, Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, osteoartritis, kanker, dan diabetes pada level 2. Dan jika BMI Anda di bawah 18, Anda berisiko tinggi terkena osteoporosis.

Sangat disarankan untuk orang dengan BMI di atas 27 dan di bawah 18 untuk mencari nasihat medis atau memperbaiki gaya hidup mereka agar berat badan menjadi ideal. Apalagi bagi Anda yang memiliki BMI di atas 40, berhati-hatilah karena situasinya sangat berbahaya.

Cara menghitung: berat badan ideal = berat badan (kg): (tinggi) (m). Misalnya: berat Anda adalah 47 kg saat Anda memiliki tinggi 1,63 m, lalu 47: (1,63) = 17,8, maka BMI Anda adalah 17,8. Perhatikan, angka BMI normal adalah 18,5-25, di bawah 17 Anda kurus, di atas 25 agak kelebihan berat badan, sedangkan di atas 40 Anda termasuk dalam kategori kelebihan berat badan yang berbahaya.

2. Menggunakan Rumus Brosca

Metode menghitung berat badan ideal menggunakan rumus Brosca ditemukan oleh Pierre Paul Brosca. Formula Brosca dibagi menjadi dua bagian, untuk pria dan wanita. Jantan: berat badan ideal (kg) = {tinggi (cm) - 100} - {[tinggi (cm) - 100] x 10%}. Wanita: berat badan ideal (kg) = {tinggi (cm) - 100} - {[tinggi (cm) - 100] x 15%}.

Misalnya, jika Anda laki-laki 172, berat badan idealnya adalah (172-100) - {(172-100) x 10%} = 72 - 7,2 = 64,8. Seringkali, berat badan ideal hanya dihitung dari tinggi badan Anda - 100. Bagi Anda, hasil penurunan ini adalah berat badan normal, tetapi tidak ideal. Sekarang Anda tahu cara menghitung berat badan ideal wanita dan pria yang berusia 20 tahun ke atas.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top