Jenis Kopi Arabika yang Terkenal Di Indonesia

Jenis Kopi Arabika yang Terkenal Di Indonesia

Jenis Kopi Arabika

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sangat populer di dunia termasuk juga di Indonesia. Jenis kopi yang ada di dunia sendiri sebenarnya cukup banyak. Dan di antara berbagai jenis kopi tersebut kopi jenis arabika merupakan salah satu yang cukup populer termasuk juga di Indonesia. Kopi yang berasal dari brazil ini bisa dibilang merupakan salah satu jenis kopi yang pertama kali dibudidayakan olah manusia. Varian dari kopi arabika ini juga cukup banyak  sebagai contoh di Indonesia kita bisa menemukan jenis kopi arabika dari berbagai daerah di Indoensia mulai aceh sampai papua dengan karakteristik yang berbeda beda. Berikut ini adalah beberapa varian kopi arabika yang ada di Indonesia :

1. Kopi Gayo
Bagi para penikmat kopi nama kopi gayo mungkin saja sudah sangat familiar di telinga. Kopi yang berasal dari dataran tinggi gayo ini terkenal dengan rasanya yang kompleks khas serta  tingkat kekentalan yang kuat. Bahkan di International Conference on Coffee Science yang diselenggarakan di bali pada oktober 2010 yang lalu kopi gayo ini sempat dinobatkan sebagai slah satu jenis kopi terbaik. Kepopuleran kopi gayo ini tak hanya di Indonesia saja akan tetapi juga di berbagai negara lain. Karena itulah tidak mengherankan jika kopi ini banyak diekspor ke berbagai negara seperti amerika serikat dan negara negara uni eropa. Kopi gayo ini sudah ada sejak zaman dahulu karena memang sudah dibudidayakan sejak zaman kolonial belanda.

2. Kopi Malabar
Sesuai dengan namanya kopi ini berasal dari daerah sekitar gunung malabar, pengalengan kabupaten bandung. Kopi malabar ini juga sudah dibudidayakan sejak zaman belanda. Untuk karekteristiknya sendiri kopi ini memiliki tingkat keasaman medium hingga high sehingga kita bisa memilih kopi malabar dengan tingkat keasaman sesuai dengan selera anda. Kopi malabar ini juga memiliki rasa yang cukup khas.

3. Kopi Toraja 
Kopi yang berasal dari tana toraja sulawesi selatan ini juga termasuk salah satu kopi arabika yang disukai oleh banyak orang. Kopi varian ini umumnya memiliki tingkat keasaman low hingga medium. Untuk cita rasa dari kopi toraja kalosi sendiri cenderung ke cita rasa floral dan fruity. Kopi toraja yang juga sering dianggap sebagai “queen of coffe” ini juga banyak disukai di berbagai negara misalnya di Jepang. Bahkan di jepang kopi toraja ini termasuk salah satu barang mahal.

4. Kopi Wamena
 Jika di bagian barat Indonesia ada kopi gayo maka di bagian timur Indonesia kitapun juga bisa menemukan jensi kopi arabika yang cukup terkenal yakni kopi wamena. Berbeda dengan beberapa jenis kopi arabika lainnya yang umumnya ditanam di daerah dengan ketinggian minimal 1200 mdpl, kopi wamena ini ditanam di daerah perbukitan yang memiliki ketinggian mulai dari 2000 mdpl. Karena tingginya lokasi penanaman kopi wamena ini menjadikan kopi jenis ini cukup langka. Hal ini karena tingkat kesulitan dalam penanaman dan pemanenan kopi ini. Bahkan untuk beberapa kasus pemanenan harus menggunakan alat khusus. Sehingga tidak mengherankan jika kopi wamena ini dijual dengan harga yang cukup tinggi. Untuk urusan karekteristik kopi ini tergolong kopi dengan tingkat keasaman yang sedang sedang saja, after taste dari kopi ini seimbang antara manis dan asamnya.

5. Kopi Flores
Kopi flores merupakan salah satu jenis kopi dengan variasi rasa yang sangat beragam mulai dari spicy, cokleat dan lain lain. Kopi jenis ini memiliki tingkat keasaman tinggi dan kekentalan yang cukup kuat.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top