Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Akibat dan Cara Pencegahannya

Pengertian Pemanasan Global, Penyebab, Akibat dan Cara Pencegahannya

 Pemanasan Global
Belakangan ini kita tentunya sering mendengar dan membaca tentang pemanasan global di berbagai media baik media cetak, elektronik, maupun media  online. Sebenarnya apakah pemanasan global itu? apa penyebab dan apapula akibat serta bagaimana cara mencegah terjadinya pemanasan global? simak artikel berikut ini untuk mendapatkan gambaran mengenai pemanasan global.

Pengertian Pemanasan Global
Pemanasan global atau yang juga sering disebut sebagai global warming adalah peristiwa naiknya suhu rata rata ddi bumi baikitu di lautan, daratan maupun atmosfer bumi

Penyebab Pemanasan Global
Secara umum pemanasan global yang terjadi di bumi ini salah satunya disebabkan oleh adanya gas rumah kaca. Karbondioksida yang mempunyai lambang kimia CO2 bisa dibilang adalah merupakan salah satu komponen terbesar yang menjadi penyumbang utama gas rumah kaca yang menjadi penyebab pemanasan global di permukaan bumi. Sumber peningkatan karbondioksida tersebut dipengaruhi oleh penggunaan bahan bakar fosil, perubahan tanah yang meliputi pembukaan lahan, penebangan hutan, pembakaran hutan dan mencairnya salju di kutub.Selain karbondioksida gas lainya yang mempengaruhi terjadinya pemanasan global yaitu nitrous oxide ( N2O), dan gas metana (CH4). Nitrous oxide adalah gas yang panasnya bisa mencapai 270 kali karbondioksida dan mampu bertahan di atmosfer selama 100 sampai 200 tahun. Sumber utama gas nitrous oxide ini adalah dari manusia dan agrikultural.CH4 bersumber dari pertanian danpenggunaan bahan bakar fosil. Peningkatan gas ini di era industri sangat pesat.Dampak pemanasan globalPemanasan global akan mempengaruhi beberapa aspek seperti aspek pangan, air, ekosistemdan kondisi cuaca yang ekstrim.

Dampak / Akibat Pemanasan Global 
Global warming / pemanasan global membawa berbagai efek dampak bagai kehidupan yang ada di muka bumi ini. beberapa akibat dari pemanasan global itu diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Mencairnya Es di Kutub
2. Kenaikan Permukaan Laut.
3. Kenaikan Suhu Global.
4. Gangguan Ekologis.
5. Perubahan Iklim di bumi.
6. Berkembangnya beberapa penyakit seperti heat stroke.

Pencegahan Pemanasan Global 
Dampak pemanasan global yang begitu berbahaya menjadikannya sesuatu yang harus dicegah untuk tidak semakin berkembang lebih besar. Langkah langkah mencegah terjadinya pemanasan global agar tidak semakin besar tersebut diantaranya adalah dengan mengurangi jumlah karbon dioksida yang ada dengan cara :
1. Menanam pohon lebih banyak lagi karena pohon akan menyerap karbon dioksida ketika sedang melakukan fotosintesis.
2.  Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, seperti kita ketahui bahan bakar fosil semacam minyak bumi dan batu bara adalah penyumbang karbon dioksida terbanyak, oleh karenanya kita harus menggunakan alternatif bahan bakar lain yang lebih sedikit mengeluarkan karbon dioksida sperti gas atau bahkan menggunakan bahan bakar yang sama sekali tidak mengeluarkan emisi karbon dioksida yakni nuklir.





Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top