harimau yang masih tersisa

harimau yang masih tersisa

sejak zaman plestosen ratusan ribu tahun yang lalu harimau sudah ada di bumi. dari waktu ke waktu jumlah harimau kian berkurang. sekitar 100 tahun yang lalu asia masih dihuni oleh sekitar 100 ribu harimau. paling tidak pada waktu itu ada 8 subspesies harimau. seiring bertambahnya populasi manusia di asia kini jumlah harimau diperkirakan hanya 7.500 ekor saja.
tiga subspesies harimau bahkan telah punah. ketiga subspesies yang punah tersebut adalah :
- harimau kaspia ( panthera tigris virgata) yang dahulunya berkeliaran di hutan hutan negara afghanistan, iran, rusia dan turki.
- harimau bali (pt balica)
- harimau jawa ( panthera tigris sondaica)

adapun saat ini lima subspesies harimau yang masih tersisa tersebar di 10 negara dalam 37 kawasan. kelima subspesies itu adalah
- harimau siberia (panthera tigris altaica) yang hidup di bagian timur laut china, kawasan utara korea dan bagian barat rusia.
- harimau china ( panthera tigris amoyensis) di daerah daratan cina bagian timur dan tengah yang saat ini diperkirakan tinggal 50 ekor saja.
- harimau indochina ( panthera tigris corbetti) hidup di myanmar, kamboja, laos, thailand, semenanjung malaysia dengan jumlah kurang dari 2.500 ekor.
- harimau benggala ( panthera tigris ) di bangladhes, bhutan, myanmar yang tersisa sekitar 4.300 an ekor
- harimau sumatera ( pt sumatrae ) hidup di sumatera dengan jumlah 400-an ekor. mereka berkeliaran di hutan hutan rusak di kerinci seblat, tn gunung leuser, way kambas


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top