Sistem Pembakaran Dalam Silinder Mesin Diesel

Sistem Pembakaran Dalam Silinder Mesin Diesel

Seperti yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya, bahwa proses pembakaran dalam mesin diesel tidak menggunakan pengapian melainkan dengan menyemprotkan bahan bakar solar ke dalam ruang bakar mesin. Agar terjadi penyemprotan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin diperlukan beberapa peralatan bantu yaitu pompa bahan bakar bertekanan tinggi (injection pump) dan pengabut bahan bakar (injector).

1. Pompa Injeksi  Bahan Bakar ( Injection Pump)
Pompa injeksi merupakan perlengkapan dalam sistem bahan bakar yang berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar ke injector. pompa injector dibuat sedemikian rupa sehingga mampu bekerja optimal dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar sesuai putaran dan daya motor.

2. Penyemprot Bahan Bakar (Injector)
Injektor adalah bagian dari sistem pembakaran yang berhubungan langsung dengan ruang bakar.Di dalam injektor terdapat bagian pokok yang berfungsi sebagai pengabut yang biasa disebut nozle. Nozlesendiri ada dua macam yakni
  • Direct Injection
  • Nozle direct injection yaitu pengabutan bahan bakar secara langsung yaitu bahan bakar disemprotkan langsung mengenai permukaan piston. Untuk jenis ini biasanya ruang bakar terdapat pada piston.
  • Non Direct Injection
  • Pengabutan bahan bakar secara tidak langsung yakni bahan bakar disemprotkan tidak langsung ke piston. Pada tipe ini biasanya ruang bakar terdapat pada kepala cylinder (cylinder head)



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top